Salah satu spanduk promosi Smartfren 4G Unlimited di Jalan Monginsidi Medan. (lub)

MEDAN (medanbicara.com)- “Coba yang ini bang, Smartfren Unlimited, lebih mantap, murah lagi bang,” kata seorang penjaga counter paket di pinggiran Kota Medan, kepada seorang pembeli.

Pembeli paket itu terdiam sejenak. Lalu bertanya balik,” Ah, nanti lelet,” katanya. “Makanya bang, coba aja dulu, abang bebas mau buka apa aja siang malam selama 30 hari,” sambung penjaga counter itu.

Akhirnya, sang pembeli luluh juga dan mencoba paket Smartfren Unlimited seharga Rp67.000 itu. Pembeli itupun pergi meninggalkan counter yang terletak di samping pagar perumahan tergolong elit itu.

Nah, di sisi lain ada juga pembeli yang datang langsung menanyakan,” Ada paket Smartfren Unlimited?”

Langsung saja si penjaga counter menjawab,” Ada bang.”

“Saya isi ulang aja ya, nggak perlu ganti kartu pakai nomor lama saja, capek asyik registrasi,” kata pembeli itu.

Setelah mengisi ulang paket, pembeli yang belakangan diketahui mengaku bernama Sugiharto itu pun mau diajak ngobrol.

Menurutnya, dia sudah 3 tahun pakai Smartfren. Menurutnya, awalnya dia dikasih teman hp lengkap dengan kartu Smartfren. Kebetulan, katanya, temannya itu dapat hadiah dari acara lounching produk Smartfren di salah satu plaza terbesar di Kota Medan.

Nah, temannya itu sudah punya hp yang sama sehingga dikasihnya. Semula, katanya, dia enggan memakainya. Namun, iseng-iseng dia mengaktifkan hp itu ke kantor Smartfren yang ada di Jalan Monginsidi Medan.

Setelah aktif dia langsung mendapat paket Unlimited. Dari sana dia mulai memakai jaringan dengan simbol mata dan telinga tersebut.

“Sebulan pertama saya pakai mengasyikkan. Apalagi Unlimited bebas buka apa saja. Pokoknya tak terbataslah. Apalagi awalnya gratis,” kata Sugiharto.

Menurut pria yang berbinis belanja online itu, semenjak itu dia terus menggunakannnya untuk usaha belanja onliennya.

Nah, setelah hampir sebulan digunakan, Sugiharto sempat ingin berpindah ke produk lain. Namun, setelah di counter hp ternyata pikirannya untuk ganti kartu urung dilakukan. Pasalnya, ternyata Smartfren ada isi ulang sehingga tak perlu diregistrasi ulang.

Menurut Sugiharto, Smartfren punya kelebihan soal jaringan. Kalau di daerahnya seperti Patumbak tak pernah lelet.

“Pokoknya selama 3 tahun saya pakai jarang terkendala masalah jaringan. Pokoknya mantap kali lah,” katanya dengan logat Medan.

Menurut Sugiharto, selain itu Smartfren Unlimited juga sudah 4G dan hpnya juga bisa dijadikan modem untuk main di laptop.

“Jadi tinggal hidupkan hotspot langsung nyambung ke laptop. Unlimited lagi,” ujarnya.

“Makanya abang pindah aja pakai Smartfren Unlimited lebih hemat dan tak perlu tukar-tukar kartu,” katanya mengajari.

Lain lagi dengan pengalaman pelanggan lainnya bernama, Nurainun. Ibu rumah tangga yang satu ini mengaku sudah hampir 2 tahun memakai Smartfren Unlimited.

Menurutnya, yang membuatnya kecantol dengan operator telekomunikasi baru yang memiliki tujuan menyajikan layanan yang berkualitas itu karena tak ribet.

“Fiturnya gampang dipahami, mau isi ulang pulsa bisa, mau tips dan trik ada, bahkan sampai layanan antar. Pokoknya banyaklah,” ungkapnya.

Ibu rumah tangga yang juga berbisnis online itu bilang, Smartfren Unlimited memang hemat.

“Bayangkan saja kita cuma keluar Rp65.000 bisa sebulan tanpa batas kuota siang malam,” katanya.

Setali tiga uang dengan keduanya, seorang teman juga mengaku sudah lama menggunakan Smartfren Unlimited.

Menurut Wibowo, paket Smartfren Unlimited itu juga bisa dipakai ke perangkat modem yang harganya terjangkau di Smartfren. Sehingga mudah dikantongi dan dibawa kemana-mana.

“Dimana tempat bisa buka laptop sambil browsing kemana-mana,” katanya.

Memang, Smartfren resmi menurunkan tarif paket internet unlimited 4G yang sudah ada beberapa waktu lalu, dari Rp149 ribu menjadi Rp60 ribu sebulan (kalau di pasar bervariasi).

Latar belakang dibuatnya paket unlimited yang terjangkau ini, karena saat ini kebutuhan internet masyarakat sangat tinggi dan terus menunjukkan peningkatan yang drastis.

Gaya hidup digital telah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi generasi milenial, sedangkan bagi generasi yang lebih dewasa makin gemar berbelanja online.

Saat ini, masyarakat masih membeli paket-paket internet dalam jumlah kecil atau istilahnya kemasan sachet.

Alasan lain adalah smartfren mengklaim kapasitas bandwith mereka masih sangat besar, sehingga percaya diri untuk menggelar program unlimited murah ini.

Ada tiga jenis Paket unlimited 4G smartfren ini, yaitu.
1. Super 4G Unlimited Special Rp60 ribu/bulan
– Unlimited Data 4G dan Unlimited Call sesama smartfren
– Batasan 1GB/hari, kecepatan maksimal

2. Super 4G Unlimited Entry Rp 50 ribu/bulan
– Unlimited Data 4G dan Unlimited Call sesama smartfren
– Tak ada batasan kuota, namun kecepatannya dibatasi maksimal 512Kbps

3. Super 4G Unlimited Premium Rp 100 ribu/bulan
– Unlimited Data 4G dan Unlimited Call sesama smartfren
– Batasan 1.5GB/hari, kecepatan maksimal

Adapun detil program ini adalah sebagai berikut.
1. Paket internet 4G Unlimited seharga Rp 60 ribu ini punya FUP atau batasan sebesar 1GB/hari atau 30GB perbulan.
Besarnya kuota 1GB/hari ini dirasa bakal cukup, karena selama ini rata-rata pemakaian paket unlimited smartfren sebelumnya, adalah 22GB/bulan. Jika diambil rata-rata, maka harga kuota data smartfren ini adalah Rp 2000/GB.

2. Paket unlimited 4G berlaku 24 jam, tanpa syarat dan ketentuan.
Bisa dipakai untuk internetan apa saja, termasuk YouTube, Sosial media, Email, dsb.

3. Paket unlimited 4G tidak bisa digunakan untuk MiFi atau modem. Namun jika dipakai untuk sharing di smartphone (Tethering), maka tetap bisa dilakukan.

4. Paket unlimited 4G ini bakal berlaku hingga Agustus 2018, dan nantinya akan dievaluasi lagi. Jika sambutan masyarakat bagus, pihak smartfren bakal memperpanjang.

5. Paket unlimited 4G ini tidak dibundling dengan Andromax, jadi bebas dipakai untuk smartphone 4G apa saja yang mendukung. (lub)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY