Aparat Gabungan Amankan 20 Ton Pakaian Bekas

0
141

PANTAI LABU (medanbicara.com).Tim Gabungan dari TNI AL Lantamal I Belawan, Polres Deli Serdang dan Beacukai mengamankan 20 ton pakaian bekas yang hendak diseludupkan melalui perairan Sumut di tepi Sungai Sei Tuan, Dusun II, Desa Sei Tuan, Kecamatan Pantai Labu pada Minggu (4/3)

Selain mengamankan dua unit kapal masing-masing KM Bintang Terang II GT.50.No.4328.PPb dan KM Binta Terang Abadi GT.50.No.5438.PPb bermuatan ribuan bal monza, petugas juga mengamankan 16 unit truk colt diesel yang digunakan untuk mengangkut ribuan bal monza tersebut.

Informasi diperoleh, diamankannya dua kapal bermuatan ribuan bal monza ini berawal dari informasi masyarakat adanya penyeludupan monza. Berdasarkan informasi tersebut, Polres Deliserdang berkoordinasi dengan Bea Cukai dan Lantamal I Belawan dan menuju lokasi. Namun sesampainya dilokasi, nahkoda dan Anak Buah Kapal (ABK) kedua kapal tersebut serta para supir truk colt disel sudah meninggalkan lokasi dan kabur kearah hutan mangrove.

Selang tak berapa lama warga sekitar pun memdatangi lokasi. Tanpa dikomando, warga sekitar menjarah bal monza yang berisi sepatu, tali pinggang, selimut dan pakaian yang sudah dimuat ke dalam truk colt diesel. Petugas terlihat kesulitan untuk melarang warga agar tidak mengambil monza yang sudah dimuat di truk.

Sementara itu untuk mengetahui apakah didalam kapal ada narkoba atau tidak, tim gabungan mendatangkan dua ekor anjing pelacak. Namun petugas tidak menemukan narkoba. Sekira pukul 14.00 Wib , petugas TNA AL pun membawa 16 truk tersebut ke Belawan. Namun sebelum meinggalkan lokasi, tim gabungan sempat berdebat dengan warga sekitar agar sebagian bal berisi monza tersebut ditinggalkan dilokasi untuk dibagi oleh warga sekitar. Setelah dijelaskan petugas jika monza tersebut adalah illegal dan disita negara untuk dimusnahkan. Mendengarkan penjelasan petugas tersebut, sebagian warga pun meninggalkan lokasi sementara warga lainnya memilih tetap bertahan dilokasi. Sementara informasi lain diperoleh, kedua kapal bermuatan ribuan bal monza tersebut berangkat dari Penang, Malaysia sekira tiga atau empat hari lalu.

Kasat Reskrim Polres Deli Serdang, AKP Ruzi Gusman yang ditemui dilokasi menyebutkan jika pihaknya yang membantu pengamanan sementara untuk penyelidikan dilakukan oleg Bea Cukai dan Lantamal I Belawan. “Kita hanya back up saja, yang melakukan penyelidikan Bea Cukai dan Lantamal I Belawan,” kata Ruzi Gusman. Dia menambahkan barang bukti yang terdiri dari pakaian bekas, truk dan kapal dibawa ke Belawan. (reza)

TIDAK ADA KOMENTAR