Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan, H Musaddad Nasution ketika memimpin rapat Festival Pesona Lokal, di Kantor Walikota Medan, Selasa (16/10/2018). (ist)

MEDAN (medanbicara.com)-Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin, MSi mengajak warga Kota Medan untuk ikut memeriahkan Festival Pesona Lokal, yang akan digelar di Istana Maimun, Minggu (21/10/2018).

Selain untuk memeriahkan, masyarakat juga diminta untuk menunjukkan kreativitasnya melalui serangkaian perlombaan yang akan digelar. Di samping upaya menunjukkan pesona Kota Medan, kegiatan ini juga menyediakan hadiah total ratusan juta rupiah.

Ajakan ini disampaikan Walikota diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan, H Musaddad Nasution ketika memimpin rapat Festival Pesona Lokal, di Kantor Walikota Medan, Selasa (16/10/2018).

Festival Pesona Lokal ini merupakan hasil kerjasama Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata Kota Medan dengan iNews TV dan diperlombakan di sembilan kota di Indonesia seperti Kota Bandung, Kota Solo Raya, Kota Bali, Makasar, Kota Malang, Kota Pontianak, Kota Medan, Kota Palembang, dan yang terakhir Kota Jakarta.

Adapun perlombaan yang akan digelar bagi masyarakat jelas Musaddad, diantaranya meliputi Lomba Karnaval Budaya, Lomba Kreasi Masakan Daerah, Lomba Mural Pesona Kotaku serta Lomba UMKM Terbaik.

“Keseluruhan lomba yang digelar menyediakan hadiah total ratusan juta rupiah. Mari tunjukkan pesona Kota Medan melalui perlombaan tersebut sekaligus merebut hadiahnya,” kata Musaddad.

Dikatakan Musaddad, masyarakat yang mengikuti perlombaan diharapkan untuk tampil total sehingga kegiatan yang ditampilkan benar – benar menarik dan menjadi pesona Kota Medan yang sesungguhnya. Karena seluruh peserta yang tampil telah diasuransikan oleh panitia, yang bekerja sama dengan salah satu perusahaan asuransi.

“Ayo, kita tampil total dalam Festival Pesona Lokal. Sebab kegiatan ini merupakan bentuk harga diri Kota Medan karena Medan merupakan kota yang multicultural,” ajak Musaddad.

Selanjutnya dalam rapat yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Agus Suryono, unsur Forkopimda Kota Medan, dan Camat seluruh Kota Medan, Festival Pesona Lokal juga akan diisi dengan Launching Tarian Ahoii. Dijelaskan Musaddad, Tarian Ahoii merupakan tarian khas Kota Medan yang merupakan kolaborasi unsur olahraga dan seni etnis Melayu.

Selain berbagai perlombaan, papar Musaddad, Festival Pesona Lokal juga akan menampilkan panggung hiburan untuk menghibur warga Kota Medan.

“Dalam panggung hiburan ini, panitia akan mendatangkan penyanyi dangdut yang tengah naik daun lewat tembang Lagi Syantik yakni Siti Badriah. Kemudian Fani Vanilla serta pasar rakyat yang menampilkan produk otomotif dan produk unggulan UMKM yang ada di Kota Medan sekaligus aneka kuliner.

Musaddad juga memaparkan tahapan pendaftaran lomba diantaranya, peserta melakukan pendaftaran melalui microsite Festival Pesona Lokal; peserta diminta untuk mengupload konsep karya (sketsa/foto) untuk lomba mural, deskripsi/keterangan kreativitas masakan daaerah, foto produk UMKM untuk lomba UMKM terbaik; seleksi karya peserta yang sudah masuk dan dilakukan oleh panitia Festival Pesona Lokal; melakukan pembayaran; menyerahkan detail data seluruh peserta dalam satu tim, berupa nama, tanggal lahir, nomor ktp/sim, nomor handphone, alamt email; menghadiri Technical Meeting sesuai dengan jadwal yang ditentukan; peserta menghadiri dan mengikuti acara Festival Pesona Lokal sesuai dengan lokasi tanggal dan perlombaan yang dipilih.

Sementara itu, menurut Kadis Pariwisata Kota Medan, Agus Suyono, kegiatan Festival Pesona Lokal di Kota Medan diharapkan menjadi yang terbaik. Pasalnya kegiatan ini akan dilaksanakan di 9 kota di Indonesia.

“Untuk mewujudkan itu dalam event ini kita akan mengisi Festival pesona Lokal dengan parade Batik Medan yang akan dibawakan oleh 2001 kepling dan masyarakat,” jelas Agus.

Terkait Launching Tarian Ahoii, jelas Agus, tujuannya untuk mengenalkan Tarian Ahoii ini kepada seluruh masyarakat Kota Medan maupun masyarakat Indonesia. Sasarannya, diharapkan tarian ini akan membooming seperti Tarian Poco- Poco dan Tarian Gemu Famire.

“Semoga Tarian Ahoii bisa menasional seperti yang telah ditorehkan Tarian Poco–Poco dan Tarian Gemu Famire sebelumnya,” harapnya.(rel/kom)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY