PT PN3 dan Herman Learning Center Medan Gelar School Outbound, Ini Tujuannya…

MARELAN (medanbicara.com)-PT PN3 (Persero) Medan kembali menunjukkan keseriusan dan kepedulian dalam memajukan dan meningkatkan kualitas, kompetensi, karakter dan nilai-nilai spiritual generasi muda (pelajar dan mahasiswa) Kota Medan melalui program bina lingkungan tahun 2019.

Keseriusan tersebut ditunjukkan dengan menyelenggarakan kegiatan School Outbound Menjadikan Generasi Muda Yang Smart selama 5 hari 4 malam, di Sekolah Plus MIP Marelan di Jalan Marelan Raya Kelurahan Rengas Pulau Marelan. Kegiatan School Outbound tahun 2019 bekerja sama dengan pusat training pengembangan
sumber daya manusia profesional di Kota Medan Herman Learning Center (HLC) diikuti 100 peserta
yang merupakan perwakilan dari 23 sekolah setingkat SMA/SMK, dan 3 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Kota Medan.

Khusus Medan Bagian Utara dibuka secara langsung oleh SEVP Bidang SDM & Umum PTPN3 (Persero) Medan, A Gusmar Harahap dihadiri berbagai Pimpinan Instansi, Rektor/Kepala Sekolah, pendidik dan kalangan profesional lainnya, Senin (11/11/2019) di halaman Sekolah Plus MIP Medan Marelan.

Gusmar mengatakan PT PN3 Medan selaku BUMN yang bergerak di bidang perkebunan dan jasa/produk turunan lainnya sangat peduli dan aktif ikut serta membangun SDM Indonesia khususnya di Sumut dan secara khusus lagi di Kota Medan.

PT PN3 Medan sangat mendukung program pemerintah saat ini yang fokus pada pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, sebagaimana amanat dalam tagline HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019 yakni SDM Unggul Indonesia Maju. Demikian juga pidato pengangkatan Presiden Jokowi, 20 Oktober 2019 di Gedung DPR/MPR RI menyatakan fokus pada SDM Indonesia yang mampu berdaya saing dalam kancah global.

Herman selaku Founder & CEO HERMAN Learning Center (HLC) Medan menyebutkan bahwa ini adalah kali kedua HLC dipercaya oleh PT PN3 Medan melaksanakan kegiatan yang sama, yakni pada tahun 2017 yang lalu di lokasi yang sama dengan tujuan agar generasi muda Indonesia memiliki daya saing yang tinggi dalam berbagai konteks kehidupan selain menciptakan SDM yang kreatif.

Inovatif, tangguh, disiplin, produktif, peduli lingkungan dan sesama, toleran, memiliki inisiatif yang tinggi, terus mau belajar, mampu bekerja sama, proaktif, dan memiliki mental dan karakter positif yang berlimpah berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta tidak kalah penting berwawasan global dan mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.

Dia menambahkan, kegiatan ini akan diisi dengan modul pembelajaran lebih dari 15 baik itu indoor maupun outdoor dengan narasumber praktisi, profesional, akademisi, pemuka agama dan TNI/POLRI/BNN, dan selama pelaksanaan berlangsung seluruh peserta akan diinapkan di Sekolah Plus MIP Medan Marelan di bawah pengawasan dari Personel TNI AL dan panitia penyelenggara untuk meningkatkan disiplin diri dan penerapan pola hidup kebersamaan dan saling peduli.

Peserta akan mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan, pengalaman yang menyangkut kewirausahaan, teknologi informasi dan komunikasi (TIK). kiat menjadi generasi muda yang kreatif, inovatif, proaktif dan produktif, kepemimpinan (leadership), P3K, membangun team work, kiat komunikasi yang efektif, softskill (ketrampilan dan
kecakapan hidup), menjadi generasi muda yang bebas narkoba dan pergaulan bebas, menjadi generasi muda yang disiplin, sigap, tanggap, cekatan, sportif, pantang menyerah serta latih baris berbaris dan siraman rohani dan spiritual sebagai landasan generasi muda sesuai agama dan kepercayaan masing–masing peserta.

Herman juga menambahkan bahwa selama satu hari, hari keempat peserta akan mengikuti Full day Outbound di dusun kreatif Marendal untuk belajar, berbuat, berinteraksi di dalam berbagai keterampilan dan ketangkasan hidup dan membentuk mindset baru kepada peserta selaku generasi muda penerus masa depan bangsa.

Dia berharap kegiatan ini akan menjadi benchmarking untuk korporasi lain dan ikut serta berpartisipasi dan peduli langsung dalam pengembangan dan peningkatan kualitas SDM Indonesia khususnya Kota Medan agar tidak hanya memiliki hard skill yang tinggi, namun yang tidak kalah penting dan sangat dibutuhkan dunia nyata saat ini adalah SDM/tenaga kerja yang memiliki soft skill yang tinggi dan memberikan nilai tambah untuk dirinya, lingkungan kerja dan lingkungan dimana mereka berada, dan pada akhirnya akan meningkatkan daya saing Indonesia di kancah dunia Internasional yang penuh dengan persaingan.

Herman mengutip statement Badan PBB UNDP yang menyatakan, kekayaan sebuah negara adalah rakyatnya, dan kekayaan rakyatnya adalah pikiran dan tindakannya yang kreatif, inovatif, produktif, dan bermanfaat bagi dirinya, orang lain dan lingkungannya. (lir)

Loading...

Mungkin Anda juga menyukai