Walikota saat puncak acara Gelar UKM dan Koperasi di Manhattan Time Square, Sabtu (20/4/2019) siang. (ist)
Loading...

MEDAN (medanbicara.com)-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Gelar UKM dan Koperasi yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan sebagai bagian dari apresiasi dan promosi terhadap karya-karya penggiat UKM Kota Medan.

Apresiasi dan dukungan penuh ini disampaikan Walikota saat puncak acara Gelar UKM dan Koperasi di Manhattan Time Square, Sabtu (20/4/2019) siang. Kegiatan yang berlangsung mulai 15 sampai dengan 20 April 2019 dan diikuti sebanyak sedikitnya 60 UKM ini memamerkan hasil karya dan produk-produk UKM asal Kota Medan.

Dalam sambutannya Walikota mengatakan, Kota Medan sangat banyak memiliki potensi produk-produk yang juga sangat beragam yang bisa dikelola secara maksimal. Untuk itu, melalui kegiatan ini dapat mengangkat potensi tersebut hingga dapat dilihat oleh banyak khalayak.

“Sesungguhnya Kota Medan memiliki banyak sekali potensi khususnya produk-produk UKM dan Koperasi. Namun, belum semua dapat terekspos dengan baik, untuk itu saya berharap melalui acara ini dapat mengangkat produk-produk asli Kota Medan yang berkualitas agar dapat dilihat oleh lebih banyak khalayak masyarakat,” ujarnya.

Di samping itu, Walikota juga menyampaikan, pada era industri 4.0 yang kini telah dirasakan kehadirannya, penggiat UKM dan Koperasi harus semakin cerdas dalam menggunakan momentum tersebut. Melihat akses yang begitu luas harus disikapi dengan cerdas pula dalam hal mempromosikan produk-produknya.

“Industri 4.0 telah kita rasakan, kecepatan akses internet dan luasnya ruang digitalisasi yang disediakan juga telah terbuka lebar. Untuk itu saya juga berharap penggiat UKM dan Koperasi ini juga harus mampu memanfaatkan momentum revolusi industri 4.0 untuk dapat menjangkau pasar dunia,” ungkap Walikota.

Tidak hanya UKM dan Koperasinya saja, Eldin juga berharap Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan juga harus mampu menjadi alternatif wadah untuk memberikan jalan kepada UKM Kota Medan memasuki ruang tanpa batas yang disediakan dunia digital.

“Melalui Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan ini lah, para penggiat UKM dapat bersama-sama merambah pasar nasional bahkan internasional melalui pemanfaatan internet. Dinas Koperasi dan UKM harus mampu menginisiasi hal tersebut hingga seluruh UKM Kota Medan mampu memasarkan produknya hingga ke luar negeri,” harap Walikota

Sementara itu, Kepala Dinas UKM dan Koperasi Kota Medan, Edliaty dalam laporannya mengatakan, acara yang telah menjadi kegiatan rutin Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan ini memiliki tujuan agar para pelaku UKM dan Koperasi terus bergiat dalam memajukan produksi dan pemasarannya.

“Adapun tujuan acara ini digelar adalah untuk memberikan motivasi kepada seluruh penggiat UKM agar dapat memperbaiki kualitas produknya dan meningkatkan pemasaran produk-produknya,” ungkap Eldiaty.

Lebih lanjut, Eldiaty juga mengatakan kegiatan ini melibatkan sedikit 60 UKM yang terdiri dari kerajinan tekstil salah satunya Maharani Gallery Batik dan Songket Medan, handycraft, dan produk makanan ringan, dan selama acara ini berlangsung setiap harinya diisi dengan acara Talkshow dan demo dari berbagai narasumber untuk meningkatkan pengetahuan baik dari pelaku UKM yang menjadi peserta maupun masyarakat yang berkunjung.

Sebelum meninggalkan acara, Wali Kota didampingi Kadis Koperasi dan UKM Kota Medan menyempatkan diri mengunjungi berbagai stan yang ada di areal pameran.(rel/kom)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY