Pembukaan Indian Food Festival ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Medan bersama dengan Konsulat Jenderal India di Medan, DR Shalia Shah. (ist)

MEDAN (medanbicara.com)-Kebudayaan India sudah melekat dengan Kota Medan. Karena memang masyarakat India telah membaur dan menjadi bagian dari entitas kebudayaan di Kota Medan. Selama bertahun-tahun turut andil dalam perkembangan dan pembangunan. Terbukti, beberapa waktu lalu Pemko Medan telah meresmikan Little India Kota Medan, di kawasan Jalan Zainul Arifin, Medan.

Hal ini disampaikan Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin, S MSi saat menghadiri acara Indian Food Festival di JW Marriott Hotel, Medan. Jumat (2/11) malam. Tujuan diadakannya festival ini guna memperkenalkan kuliner India di kalangan masyarakat Kota Medan.

Cita rasa dan keberagaman rempah serta bumbu kuliner India, kata Wali Kota, merupakan ciri khas dan belum tentu ada pada kuliner negara-negara lain. Kuatnya aroma rempah-rempah dalam makanan India sudah lama dikenal oleh para pecinta kuliner dunia.

“Budaya kuliner di India terkenal karena diolah dengan citarasa yang tinggi dengan tetap memanfaatkan kearifan lokal dalam proses pengolahannya. Hal ini kurang lebih sama seperti kuliner yang ada di Indonesia,” kata Walikota

Agar kenikmatan kuliner semakin dikenal secara luas oleh masyarakat dunia, Walikota berpendapat perlu adanya kerjasama dan saling bergandengan tangan guna melestarikan dan mempromosikan kuliner khas kedua negara ini ke dunia Internasional agar menjadi kian populer dan bermartabat.

“Salah satu cara yang dapat kita lakukan ialah melalui food festival seperti ini, tentu kita berharap dengan adanya festival ini mampu menjadikan kuliner India sebagai daya tarik bagi para wisatawan dalam dan luar negeri untuk datang berkunjung ke India,” kata Walikota Medan.

Selain itu, lanjutnya, bangsa Indonesia sendiri saat ini juga sedang berupaya menuju destinasi wisata kuliner terfavorit di dunia, termasuk kuliner Kota Medan yang begitu variatif tampilan, aroma dan citarasanya. Untuk itulah, Wali Kota yakin dan percaya kuliner Indonesia dan India akan mampu berkibar di pentas kuliner Internasional jika dikemas dengan baik dan dipromosikan secara intens.

“Dengan begitu saya yakin kita akan bisa membuat makanan khas kedua negara menjadi semakin go international dan di kenal di berbagai belahan dunia mana pun juga,” ungkap Walikota.

Pembukaan Indian Food Festival ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Medan bersama dengan Konsulat Jenderal India di Medan, DR Shalia Shah.

Acara yang berlangsung mulai tanggal 2 s/d 10 November 2018 ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan perayaan Deepavali.

Tampak hadir dalam food festival ini sejumlah konsulat negara sahabat diantaranya Singapura, China, Jepang Amerika, Malaysia dan Belanda. Selain itu hadir pula Asisten Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Sumut, Ir Ibnu S Hutomo, MSi dan General Manager Hotel JW Marriot Medan, Amit Sakhrani.(rel/kom)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY