CALEG GOLKAR

Hasil Penelitian Di USU Capai 1.117 Publikasi 

Rektor USU Prof Dr Runtung SH MHum bersama seorang lulusan terbaik pada wisuda 2.011 lulusannya di Gedung Auditorium kampus itu, Senin (26/2). BPB/ist  

MEDAN (medanbicara.com)-Hingga Januari 2018, tercatat penerbitan tulisan ilmiah terindeks scopus sebanyak 1.117 publikasi dan mendapat peringkat 14 dari perguruan tinggi yang terdaftar di database scopus.

“Untuk jumlah penelitian yang dilakukan para tenaga pengajar dan peneliti USU di tahun 2017 saja mencapai 440 judul penelitian dan program pengabdian kepada masyarakat dengan realisasi mencapai 178. Kita memang prioritaskan penelitian, oleh karenanya saat ini kita mampu berada di peringkat ke 14 perguruan tinggi di Indonesia,”kata Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) pada wisuda 2.011 lulusan di Gedung Auditorium kampus itu, Senin (26/2).

Menurutnya, kemajuan suatu perguruan tinggi, antara lain dilihat dari capaian hasil penelitian, produk inovasi dan banyaknya artikel dosen dan mahasiswa yang dimuat di jurnal Internasional bereputasi.

“Oleh karena itu kami juga menetapkan hal tersebut sebagai prioritas program Rektor Periode 2016-202. Dengan dukungan dana yang cukup besar, bidang-bidang tersebut juga mengalami peningkatan yang memuaskan,” ungkapnya.

Selaras dengan renstra USU tahun 2015-2019 tentang peningkatan manajemen universitas yang berkesinambungan dan memiliki standar internasional, kata rektor, saat ini tercatat 8 program studi dan 1 Unit Pendidikan telah memperoleh ISO 9001:2015.

"Catatan yang paling baru di 2018 adalah keberhasilan Unit Manajemen Mutu Universitas Sumatera Utara dalam meraih sertifikasi ISO 9001:2015 dengan status Zero finding dari British Standard Institution atau BSI," sebut Runtung.

Menurutnya, itu sebuah status yang sangat jarang didapatkan oleh institusi manapun yang disertifikasi oleh BSI.

Rektor menegaskan, USU sebagai universitas tertua di luar pulau Jawa semakin giat memacu prestasi, baik akademik maupun non akademik. Komitmen USU untuk mengejar akreditasi tertinggi dengan melibatkan seluruh unsur dan civitas akademika, hingga saat ini telah menorehkan berbagai kemajuan.

Peningkatan jumlah alumni,  luas kampus, sarana prasarana, jumlah fakultas dan program studi yang diasuh, kerjasama yang dilakukan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun luar negeri, event nasional serta perolehan sertifikat internasional, merupakan catatan baik yang diharapkan mampu memberi suntikan semangat untuk percepatan kemajuan universitas.

Untuk status akreditasi Prodi lanjutnya, USU telah menunjukkan peningkatan jumlah prodi yang berakreditasi A, dari 22 prodi di tahun 2016 menjadi 51 prodi hingga awal 2018. Total 84% dari 154 prodi telah terakreditasi A dan B.  Sumber Daya Manusia yang dimiliki USU telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jumlah dosen yang dimiliki berdasarkan data hingga Februari 2018 sebanyak 1.620 orang dosen PNS dengan kualifikasi S3/Sp.2 yang dimiliki USU berjumlah 553 orang, sementara jumlah Guru Besar sebanyak 175 Guru Besar.

"Tak kalah pentingnya prestasi mahasiswa-mahasiswi USU di tingkat nasional maupun internasional yang ditandai dengan perolehan medali emas di berbagai event,"sebutnya.

Disebutkan rektor, pada 2017, tercatat 47 medali emas di tingkat nasional dan 23 emas di tingkat internasional disabet oleh mahasiswa dan mahasiswi USU.

Prestasi Internasional itu antara lain gelar The Best Delegation Rome Model United Nations Conference di Roma (Italia), Medali Emas Kaohsiung International and Design Expo 2017 di Taiwan, Juara I IIA International Innovation Fair 2017 di India, Gold Medal Folklore a Cappella in Grand Prix of Nation Riga 2017 Latvia, Eropa Timur.

Prestasi lainnya yakni UI Green Metric World University Ranking yang telah menempatkan USU pada peringkat ke-11 di Indonesia dan peringkat ke-234 di dunia. Dan dalam sistem pemeringkatan 200 universitas terpopuler di Asia yang disusun oleh Uni Rank, USU menempati peringkat 193 dan untuk kategori Asia Tenggara masuk dalam peringkat ke 25. USU juga mendapatkan Ranking 10 atas Intelectual Property Right by Affiliation.

Dalam pemeringkatan perguruan tinggi negeri yang dilakukan Kemenristekdikti setiap tahunnya, USU berhasil meningkatkan peringkatnya dari peringkat 29 menjadi peringkat 19 pada bulan Agustus 2017 yang lalu.

"Kami berharap seluruh kerja keras dan prestasi yang dilakukan sepanjang 2018 nantinya akan membawa peningkatan yang lebih baik bagi peringkat USU secara nasional," katanya.

Wisuda diselenggarakan selama dua hari, Senin (26/2) dan Selasa (27/2) dalam dua kesempatan, yakni pagi dan siang itu, melepas wisudawan Program Pascasarjana S3 sebanyak 24 orang, Program Pascasarjana S2 sebanyak 293 orang. Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis 29 orang, Program Pendidikan Dokter Spesialis 42 orang, Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis 6 orang, Program Dokter Jenjang Magister 25 orang.

Kemudian, pendidikan profesi 119 orang, program sarjana 1.384 orang, program diploma    89  orang. Dengan diwisudanya 2.011 orang tersebut, hingga saat ini, USU telah menghasilkan lulusan sebanyak 190.670 orang yang berasal dari 15 Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana dan 154 Program Studi. (eko fitri)

 


 

Mungkin Anda juga menyukai