Loading...

GUNUNGSITOLI – (medanbicara.com) – Istri Walikota Gunungsitoli, Sukartini Wa’u berpandangan kaum wanita di Kota Gunungsitoli sudah lebih maju dari yang sebelumnya.

“Saya lihat dan saya juga rasakan bahwa kaum wanita di Kota Gunungsitoli sudah lebih maju dari yang sebelumnya,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kota Gunungsitoli di lokasi kegiatan kebersihan Pasar Luaha dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-140 Kota Gunungsitoli 2019, Jumat (12/4/2019).

Sukartini mengatakan, PKK Kota Gunungsitoli yang merupakan wadah kaum ibu sudah banyak berbuat dari berbagai lini kegiatan dalam mendukung program dan kegiatan pemerintah. Mulai dari tingkat desa, kecamatan dan PKK Kota Gunungsitoli bisa tampil di ajang perlombaan. Baik di tingkat provinsi maupun pusat sehingga membawa harum nama Kota Gunungsitoli.

“Kemarin kita sudah mengikuti lomba gerakan tanam cabe, kita juara 1 tingkat nasional. Kita juga mengikuti lomba B2SA (tentang pertanian mengenai “Beragam Bergizi Berimbang”).

Kita juga mendapatkan juara lomba KKBPK menyangkut kesehatan. Bahkan menurut penilaian tahun 2019 ini kita sudah masuk nominasi di tingkat nasional bidang Ifates. Yaitu pemeriksaan kesehatan dan pencegahan pada wanita”, jelas Sukartini.

Menurut istri Walikota Kota Gunungsitoli, Semboyan “Habis Gelap Terbitlah Terang” dari RA Kartini, sesungguhnya harus dimaknai bahwa kemampuan wanita bisa sebenarnya setara dengan kaum pria apabila diberdayakan.

“Wanita sekarang bisa diberdayakan dan dimampukan untuk dapat melaksanakan dan mendukung pemerintah khususnya kegiatan kaum wanita”, kata ibu yang dulu berprofesi bidan ini.

Jika dulu pada masa itu, kaum wanita tidak bisa berbuat apa-apa. Tetapi dengan terbitnya buku Habis Gelap Terbitlah Terang, wanita sudah bisa berperan dalam segala hal saat ini.

Selama ini wanita mungkin dianggap hanya sebagai kodratnya ibu rumah tangga. Tetapi dengan terobosan dari RA Kartini, wanita sekarang ini sesungguhnya sudah banyak kemajauan. Ia melihat dengan adanya kesetaraan gender berarti bisa juga wanita diposisikan sebagaimana kaum pria.

Sebagai ketua Tim Penggerak PKK Kota Gunungsitoli berharap, bagi kaum wanita agar selalu memberikan dukungan. Selain itu, bisa juga salah satu yang terdepan untuk menyukseskan program dan kegiatan pemerintah secara khusus di Kota Gunungsitoli. (sut)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY