CALEG GOLKAR

Kapolres Pelabuhan Belawan Buatkan Gubuk Penggali Kubur di Mabar Hilir

Kapolres Pelabuhan Belawan saat meninjau lokasi tempat pembuatan gubuk Kek Sipon dan Kek Karman di Mabar Hilir. (lir)

MEDAN (medanbicara.com)-Untuk kedua kalinya Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan, SH, MH, melakukan kunjungan ke kediaman Kek Karman (61) dan Kek Sipon (97), penggali kubur Jalan Suasa Raya, Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli, Selasa (29/10/2019).

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Mabar Hilir Lingkungan V adalah salah satu lokasi yang menjadi hunian hidup Kek Karman. Beliau adalah merupakan penjaga makam yang hidup sebatang kara dan membuat gubuk reot selama 40 tahun untuk tempatnya berteduh, mandi dan makan.

Kek Karman yang diasuh oleh seorang penggali kubur bernama Kek Sipon (97) yang bekerja sehari-hari juga menggali kubur. Namun keterbatasan membuat mereka harus bertahan hidup dari hasil penggali kubur. Gubuk reot yang mereka huni selalu terendam banjir dan saat ini nyaris roboh.

Mendengar dan mengetahui sosok Kapolres Pelabuhan Belawan orang yang baik hati, Kek Sipon memberanikan diri menghadap ke Mako Polres Pelabuhan Belawan. Akhirnya, Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan, SH, MH menyambut baik kedatangan Kek Sipon dan mendengar keluhannya.

Ikhwan mengatakan, Kek Sipon hadir di Polres Jumat pagi, beliau berharap agar gubuknya yang hampir roboh tersebut untuk diperbaiki.

"Saya berjanji akan membantu membuatkan gubuk yang baru untuk bisa dipergunakan tempat istirahat sehari-hari dan bisa menjadi tempat tinggal Kek Karman juga. Rumah joglo ini saya namakan rumah istirahat para penggali kubur," katanya.

Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan, SH, MH yang di dampingi Kapolsek Medan Labuhan, AKP Edy Safari, meninjau langsung lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang menjadi tempat tinggal dua kakek tersebut. Dan melihat lokasi mana yang cocok untuk pembuatan rumah istirahat para penggali kubur itu. Dengan ukuran 3 ×2,5 meter dan segera dibuatkan menjadi rumah joglo tempat istirahat para penggali kubur.

"Saya berharap ke depannya pemerintah juga bisa membuatkan tempat istirahat para penggali kubur seperti ini juga," tandasnya.

Kek Sipon dan Kek Karman mengatakan sangat berterimakasih kepada Ikhwan yang sangat baik hati tersebut.

"Hanya Allah SWT yang bisa membalas kebaikannya, ternyata benar apa kata orang dan di berita yang saya dengar bahwa Bapak Kapolres Pelabuhan Belawan seorang yang baik hati," tuturnya sambil meneteskan air mata dan terharu. (lir)

Mungkin Anda juga menyukai