CALEG GOLKAR

Ketua TP PKK Binjai Canangkan Kantin Sehat

Ketua TP PKK kota Binjai Lisa Andriani Idaham bersama pelajar yang sedang mencicipi jajanan sehat   

 

BINJAI (medanbicara.com)-Ketua Tim Penggerak PKK Kota Binjai Lisa Andriani M Idaham mencanangkan Kantin Sehat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 024772, Jalan Bejo Muna Kelurahan Dataran Tinggi Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai,  Sabtu (21/10).

Adanya kantin sehat ini diharapkan jajanan  ang dijual akan terkontrol dan tidak membahayakan kesehatan  siswa.

Pencanangan  dihadiri wakil ketua TP PKK Nani Timbas Tarigan dan sejumlaj pejabat kota Binjai. Turut hadir juga  Camat Binjai Barat Samuel Lumbantoruan, Camat Binjai Timur Hardiansyah Pohan dan Kepsek 024772 Naima.

Ketua TP PKK kota Binjai Lisa Idaham mengatakan, pemenuhan nutrisi dan keamanan pangan anak sangat penting untuk diperhatikan. Kantin sekolah harus menyediakan jajanan yang diolah secara bersih dan sehat, tidak mengandung bahan kimia yang  berdampak buruk bagi kesehatan siswa.

“Untuk itu, TP PKK Binjai pertama sekali meresmikan pencanangan kantin sehat sekolah ini agar keamanan pangan anak didik terjaga,” ungkapnya.

Menurut Lisa, intervensi keamanan pangan di sekolah tidak hanya  dilakukan  pada level SD, tetapi juga di tingkat  SLTP dan SLTA. Namun, mengingat besarnya jumlah sasaran dari gerakan ini tentu memerlukan tenaga yang cukup banyak. Oleh karena itu peran fasilitator keamanan pangan sekolah dirasa sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan  ini.

Kepala SDN 02774 Naima menjelaskan, kantin sekolah menjadi fokus dalam pencanangan masyarakat hidup sehat, karena berdasarkan hasil survey  hampir 30%  asupan gizi anak  berasal dari jajanan di lingkungan  sekolah.

“Kantin sehat selain menjaga kebersihan, juga untuk menjaga nutrisi anak,” ujar Naima.

Ia juga mengharapkan agar kantin sehat diterapkan diseluruh sekolah untuk kesehatan siswa.

“Jajan tidak selalu merupakan kebiasaan yang buruk, karena anak-anak sekolah punya aktivitas yang tinggi. Sehingga perlu asupan makanan  di antara waktu makan pagi dan siang,” katanya. (eko fitri)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai