CALEG GOLKAR

Lihat Hari Kamis Siang, Gerhana Matahari Cincin Lintasi Wilayah Sumut, Ini Waktunya…

Matahari dan bulan akan sejajar di atas bumi dalam peristiwa astronomi yang langka yang akan meredupkan langit dan mengubah matahari menjadi cincin api yang menyala-nyala. (BMKG)

MEDAN (medanbicara.com)-Gerhana Matahari Cincin (GMC) dipastikan akan melintasi wilayah Sumatera Utara, Kamis (26/12) lusa.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan mengatakan Gerhana Matahari Cincin ini sendiri akan berlangsung sejak pukul 10.13 WIB dan berakhir pada pukul 14.02 WIB.

“Puncak gerhana matahari cincin ini sendiri akan berlangsung pada pukul 12.4 WIB,” katanya kepada wartawan, Senin (23/12/2019).

Edison menjelaskan, gerhana ini terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

“Akibatnya saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya,” katanya.

Ia menyebutkan, BMKG akan melakukan pengamatan astronomi langka ini di Pantai Indah Pandan, Tapteng pada waktu tersebut.

"Pengamatan serupa juga akan dilakukan di halaman kampus pascasarjana UMSU, Jalan Denai Medan," ujarnya. (ant)

Mungkin Anda juga menyukai