CALEG GOLKAR

Lihat Tampang Terbaru Penyuap Bupati Nonaktif Pakpak Bharat Remigo Saat Tangannya Digari, Disidang di Pengadilan Tipikor Medan…

Rijal Efendi Padang. (dtc)

JAKARTA (medanbicara.com)- Tersangka penyuap Bupati Pakpak Bharat nonaktif Remigo Yolando Berutu, Rijal Efendi Padang segera disidang. Penyidik KPK telah menyerahkan Rijal dan berkas penyidikan ke pihak penuntut umum.

"Penyidikan untuk tersangka REP (Rijal Efendi Padang, Swasta) telah selesai, hari ini tersangka dan bukti dalam perkara TPK Suap Bupati Pakpak Bharat terkait Proyek-proyek di Dinas PUPR Kabupaten Pakpak Bharat tahun anggaran 2018 diserahkan penyidik ke penuntut umum," kata Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (28/1/2019).

Sidang akan digelar di Medan, Sumatera Utara. Selama persidangan, Rijal akan dititpkan ke Lapas Tanjung Gusta.

"Sidang rencananya akan dilaksanakan di Pengadilan Tipikor Medan," ujarnya.

Selama penyidikan, Rijal 2 kali diperiksa sebagai tersangka. Sebanyak 33 orang lainnya juga dimintai keterangan sebagai saksi mulai dari pihak swasta hingga pejabat dinas di Pemkab Pakpak Bharat.

Rijal disebut KPK sebagai kontraktor yang mengerjakan proyek pengaspalan jalan Simpang Kerajaan-Binanga Sitelu dengan nilai kontrak Rp4,5 miliar. Sebagai pelaksana proyek, Rijal diminta oleh Plt Kadis PUPR Pakpak Bharat, David Anderson Karosekali memberikan uang sebagai commitment fee sebesar 15 persen.

Rijal kemudian memberikan Rp200 juta kepada David lewat rekening pihak swasta bernama Hendriko Sembiring sebagai bentuk pemenuhan commitment fee. Dari total Rp200 juta itu oleh David diserahkan Rp150 juta kepada Remigo yang kemudian disita KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Remigo beberapa waktu lalu.

Atas perbuatannya, Rijal disangka melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 UU Pemberantasan Tipikor. Rijal sudah ditahan sejak 30 November lalu di Rutan Kelas I Cipinang.(dtc)

Mungkin Anda juga menyukai