CALEG GOLKAR

Menyikapi Hasil Survei Ombudsman, Bupati Karo Sidak 3 Instansi

KARO (medanbicara.com) – Menyikapi hasil penilaian survei kepatuhan Standar Pelayanan Publik yang dilakukan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara tahun 2018, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap tiga instansi pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo, Kamis (21/2/2019).

Ketiga instansi pelayanan publik lingkungan Pemkab Karo yaitu Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan UKM, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kabanjahe.

Mengawali sidak itu, Terkelin terlebih daulu menyambangi Dinas Ketanagakerjaan, Koperasi dan UKM di Jalan Pahlawan Kabanjahe. Di Dinas itu Terkelin, langsung memeriksa dan melihat fasilitas pelayanan masyarakat termasuk berbagai jenis pemberitahuan/pengumuman kepada publik untuk mempermudah pengurusan administrasi.

Kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan UKM Drs Sarjani Tarigan, Terkelin menyarankan agar lebih meningkatkan pelayanan publik. “Pemberitahuan atau pengumuman kepada masyarakat agar ditempel atau ditempatkan dilokasi yang strategis dan mudah dilihat publik. Supaya kalau ada masyarakat yang mau mencari informasi dalam mengurus keperluannya mudah dilihat. Sehingga mereka tidak perlu lagi bertanya kesana kemari,” ujarnya.

Dan untuk memperindah fasilitas pelayanan sekaligus mempermudah masyarakat mendapatkan informasi, bupati menyarankan kepada Sarjani supaya membuat baner di depan kantornya dengan penataan yang rapi. Termasuk kebersihan kantor dan halaman juga jangan lupa menjaganya.

Menyahuti Bupati, Sarjani Tarigan mengatakan pihaknya siap melaksanakan instruksi bupati. Dan besok semua yang disampaikan bupati tadi, akan dilaksanakan. Khusus menyangkut pelayanan publik, Dinas Ketanaga kerjaan, Koperasi dan UKM selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Setiap urusan apapun, termasuk urusan administrasi di kantor, kami tidak pernah kami biarkan berlarut-larut, pokoknya kalau ada masyarakat yang datang mengurus surat ketenaga kerjaan, menyangkut koperasi maupun UKM ,kami selalu cepat menanganinya,” ujar Sarjani.

Disinggung soal pelayanan berbasis on line di dinasnya, Sarjani mengaku akan secepatnya mempersiapkannya, Kalau memungkinkan besok sudah kami koordinasikan dengan pihak terkait. “Untuk saat ini semua layanan informasi Dinas Ketenagaakerjaan, Koperasi dan UKM dapat dilihat di website, Pemkab Karo,” ujarnya.

Selanjutnya Terkelin menuju Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Didinas itu didampingi Camat Kabanjahe Leo Surbakti dan Anggota DPRD Karo Jhon Karya Sukatendel dia menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat yang sedang mengurus kartu keluarga.

Saat berdialog Bupati Karo menanyakan kepada masyarakat yang tengah duduk berjejer menunggu giliran mengurus keperluannya. Menyahuti pertanyaan bupati salah seorang warga melaporkan, bahwa pihaknya sudah beberapa hari menunggu penerbitan kartu keluarga, namun sampai saat ini belum juga selesai, “kami memohon supaya urusan kami secepatnya diselesaikan,” ucap warga.

Mendengar keluhan warga itu Terkelin langsung menanyakan kepada salah seorang ASN Dukcapil yang sedang bertugas. Setelah mendapat penjelasan dari pihak Dukcapil selanjutnya bupati menyampaikan kepada warga, bahwa blanko KK baru dua hari sampai di dinas itu. sebentar lagi kalian sudah mendapatkan kartu keluarga itu, karena balankonya sudah ada disini, harap bersabar ia,” kata Terkelin.

Dikesempatan itu Terkelin juga menginstruksikan kepada pihak Dinas Dukcapil supaya jangan mempersulit urusan masyarakat. “Dan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi, secepatnya benahi fasilitas pengumuman/pemberitahuan. Untuk diluar didepan kantor segera buatkan baner dengan disain yang bagus, supaya masyarakat cepat dan senang mendapatkan informasi,” saran Terkelin.

Sedangkan di kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Satu Atap, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH sempat menemui ruangan pelayanan kantor itu kosong nmelompong ditinggalkan pegawainya. Namun beberapa saat kemudian mengatahui bupati datang meraka buru-buru datang dan langsung menempati posisi kursi dan mejanya nmasing-masing. Tak berapa lama kemudian kepala Dinas itu Susi Iswara Bangun datang dari luar kantor.

Dikantor Dinas Perijinan, bupati menekankan supaya selalu melayani masyarakat dengan ramah dan baik. Berikan pelayanan prima kepada mereka. Begitu juga fasilitas pengumuman pelayanan. Letakan ditempat yang mudah dilihat masyarakat, supaya mereka mudah membacanya, sehingga mereka mengerti dan paham melaksanakan kewajibannya. Buat Banner design yang menarik, supaya publik senang melihat dan membaca pengumuman/pemberitahuan itu. Khusus diluar kantor buat baner dan letakan diposisi yang tepat, agar masyarakat mudah mengetahuinya,” ujar Terkelin.

Mendengar arahan Terkelin Brahmana,SH, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanman Perijinan Terpadu Susi Iswara Bangun menerima masukan dari bupati dan berjanji akan secepatnya membuat baner pengumuman dan ketentuan pengurusan prijinan di dinasnya.(anita)

Mungkin Anda juga menyukai