CALEG GOLKAR

PT Inalum Didaulat Jadi Holding BUMN

MEDAN BICARA.COM – PT Inalum (Persero) semakin mengembangkan sayapnya. Bahkan sejak resmi jadi BUMN 2013 lalu, PT Inalum kini didaulat menjadi Holding BUMN yang mencakup perusahaan kakap semisal Freeport dan Antam.

Berikut kita lihat sekilas kiprah PT Inalum lewat foto esai di bawah ini:

1. Bendungan Pengatur Siruar

Bendungan Pengatur (Regulating Dam) terletak di Desa Siantar Utara, 14,6 KM dari mulut Danau Toba. Bendungan ini digunakan oleh INALUM untuk mengatur tinggi permukaan air Danau Toba dan mengatur aliran air yang keluar dari Danau Toba. Masa konstruksi pembangunan dimulai tahun 1978 dan selesai pada April 1982.

2. Bendungan Siguragura


Tipe Bendungan Siguragura ini adalah beton massa dengan ketinggian 47 meter dan panjang 173 meter. Bendungan ini digunakan INALUM untuk mengontrol debit air yang masuk ke Pembangkit Listrik Siguragura. Masa konstruksi pembangunan dimulai tahun 1978 dan selesai pada April 1982.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Siguragura

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Siguragura berada 200 meter di bawah tanah dengan 4 unit turbin dan generator di dalamnya. Pembangkit Listrik Siguragura milik INALUM ini merupakan PLTA bawah tanah pertama di Indonesia dengan Kapasitas terpasang 286 MW. Masa konstruksi pembangunan dimulai tahun 1978 dan selesai pada April 1982.

4. Bendungan Tangga

Bendungan Tangga terletak 4 km di hilir Pembangkit Siguragura. Bendungan Tangga milik INALUM ini merupakan bendungan berbentuk busur pertama di Indonesia dengan ketinggian 82 meter dan panjang 125 meter. Fungsi bendungan Tangga ini adalah untuk mengatur pasokan air ke Pembangkit listrik Tangga. Masa konstruksi pembangunan dimulai tahun 1978 dan selesai pada April 1982.

5. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Tangga


Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Tangga milik INALUM ini memiliki 4 (empat) unit turbin dan generator dengan kapasitas terpasang sebesar 317 MW. Masa konstruksi pembangunan dimulai tahun 1978 dan selesai pada April 1982.

6. Jaringan Transmisi

Sebanyak 275 kV Tenaga listrik yang dihasilkan oleh PLTA Siguragura dan Tangga disalurkan ke Pabrik Peleburan Aluminium INALUM di Kuala Tanjung melalui Jaringan Transmisi dengan tegangan 275 kV sepanjang 120 km dengan jumlah tiang menara sebanyak 271 buah dan melintasi 4 (empat) Kabupaten yaitu Toba Samosir, Asahan, Simalungun dan Batu Bara. (rel/za)

Mungkin Anda juga menyukai