CALEG GOLKAR

PT Inalum & PWI Dukung Pelatihan Jurnalistik

BATUBARA (medanbicara.com) – PT Inalum (Persero) bersama PWI Batubara menggelar pelatihan jurnalistik di Aula Kantor Bupati Batubara Rabu (21/11/2018). Kegiatan ini mengusung tema “Mari bersatu perangi hoax”.
Direktur Produksi PT Inalum (Persero) SS Sijabat dalam arahannya menuturkan “Bagus kalau kita menjadi wartawan, dan dekat dengan wartawan apalagi bisa menjadi narasumber.”
“Di era pembangunan saat ini sangat penting informasi dan setiap mengambil kesimpulan dibutuhkan suatu informasi. Peran wartawan sangat bermanfaat jika seorang wartawan sudah dibekali dengan ilmu jurnalistik yang mumpuni,” ujarnya.
Sijabat juga berpesan kepada peserta agar pelatihan jurnalistik tersebut digunakan sebaik baiknya agar mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan. PT Inalum sangat menyokong pelatihan ini. “Manfaatkan pelatihan ini sebaik baiknya”, harapnya.
Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Sumatera Utara War Djamil, SH dalam kegiatan tersebut mengatakan, pers Indonesia sudah saatnya meningkatkan jurnalisme berbasis HAM.
“Melalui jurnalisme berbasis HAM ini pemberitaan dan informasi semakin akurat. Bahkan dapat dihindari berita bohong atau hoax, sebab akurasi menjadi penting sehingga yang tidak jelas sumbernya tentu tidak disajikan.”
Sementara Ketua Dewan Kehornatan PWI Provinsi Sumatera Utara Sofyan Harahap sekaligus menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut menjelaskan tentang Pemilu dan peranan media dalam Pemilu.
Saat ini, masyarakat dituntut untuk bijak dalam memilih media sebagai sarana informasi. Sedangkan kewajiban media massa, melakukan tahapan reporting untuk memastikan kebenaran sebuah informasi berita yang dapat dipertanggungjawabkan.
“Kita sebagai wartawan harus dapat mendudukkan porsi kita sebagai media yang independen. Tidak hanya itu, pers harus menjaga asas jurdil, menjadi pemilih subyek bukan obyek dan menyuarakan aspirasi publik,” ucapnya.
Ketua PWI Kabupaten Batubara, Alpian, S. Sos. I, MH. I dalam arahannya mengharapkan, kegiatan pelatihan ini dapat memberi pemahaman dan pengetahuan tentang dunia jurnalistik kepada pelajar, mahasiswa, dan wartawan.
Pelatihan ini penting dilaksanakan sebagai wadah bagi generasi muda yang berkeinginan terjun dalam dunia jurnalistik.
“Kita berharap kegiatan ini dapat memberi pemahaman kepada pelajar dan mahasiswa tentang dunia jurnalistik. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga memberi wadah bagi generasi muda yang ingin terjun dalam dunia jurnalistik,” ujarnya.
Bupati Batubara RM Harry Nugroho mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh PWI Batubara. Peserta harus dapat memanfaatkan Pelatihan ini sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
“Di era digital seperti saat ini, masyarakat dituntut harus bijak dalam menyikapi suatu pemberitaan khususnya berita melalui media sosial. Melalui pelatihan ini, mudah-mudahan kita dapat memahami tentang dunia jurnalistik sehingga kita dapat lebih bijak dalam menyikapi setiap pemberitaan yang ada,” ujarnya.
Kegiatan pelatihan jurnalistik turut dihadiri Direktur Produksi PT Inalum (Persero) S Sijabat, War Djamil selaku narasumber, jajaran OPD Pemerintah Kabupaten Batubara dan juga penyerahan santunan bagi keluarga PWI Batubara yang telah meninggal dunia. (rel/eza)

Mungkin Anda juga menyukai