Rektor USU, Prof Runtung Sitepu /eko fitri

MEDAN (medanbicara.com)- Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Asosiasi Profesor Indonesia (API) Cabang Sumatera Utara dalam pertemuan seluruh pengurus dan anggota API Cabang Sumut, di ruang senat akademik Gedung Biro Pusat Administrasi USU Medan, Senin (9/4/2018).

Dalam sambutannya, Prof Runtung mengatakan, seluruh profesor yang ada di Sumatera Utara harus membulatkan tekad dan menyatukan visi untuk memperkuat asosiasi.

Ia juga mengimbau, agar para profesor yang belum terdaftar sebagai anggota API untuk segera bergabung dalam asosiasi, sehingga mampu memberikan sumbangsih pemikiran bagi penyusunan program kerja selanjutnya.

“Asosiasi ini memang harus kita perkuat keberadaannya, agar memiliki makna dan manfaat serta ikut serta dalam membangun Sumatera Utara. Terlebih karena asosiasi ini memiliki dasar hukum yang kuat dan dapat dijadikan landasan bagi kita untuk berbuat lebih banyak sesuai dengan fungsi profesor itu sendiri,” tekad Prof Runtung dalam siaran pers yang diterima medanbicara.com, Rabu (11/4/2018).

Ditambahkannya, pertemuan pengurus dan anggota API Cabang Sumut kali ini juga memiliki agenda untuk memilih dan menyusun formatur kepengurusan API Cabang Sumut yang baru. Dengan terpilihnya para pengurus, akan dilanjutkan dengan penyusunan program kerja.

“Saya optimis asosiasi ini akan berjalan dengan baik jika pengurus memiliki komitmen dan cukup enerjik dalam menjalankan seluruh program dan kegiatan yang ada,” harapnya.

Prof Dr Ritha F Dalimunthe MSi, Bendahara I API Cabang Sumut dalam kepengurusan periode sebelumnya mengatakan, harus ada pemantauan progress dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan para guru besar, baik untuk HAKI maupun jurnal-jurnal internasional. Fungsinya antara lain untuk memperbaiki kinerja para guru besar.

Ditambahkannya juga, bahwa seluruh guru besar yang berasal dari UINSU, USU, Unimed dan Kopertis harus bersatu dalam wadah API Cabang Sumut, sehingga akan menghasilkan sinergi dan kolaborasi yang luar biasa. Ia juga berharap agar untuk penulisan buku, jurnal maupun sharing tulisan, API Sumut dapat membantu para guru besar yang kesulitan dalam prosedur dan mekanismenya.

Usai pembukaan, Prof Sr H Asmuni MA, yang merupakan Ketua II API Sumut periode sebelumnya, langsung memandu proses pemilihan ketua dan para calon pengurus API Sumut yang baru, yang menghasilkan dukungan suara penuh untuk Prof Dr Runtung Sitepu, SH MHum. Penyusunan formatur pengurus ini nantinya akan diikuti oleh pengesahan dan pelantikan yang akan diagendakan dalam pertemuan API Sumut berikutnya. (eko fitri)

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR