CALEG GOLKAR

Sambut Hari Kanker Sedunia, RSUP Adam Malik Medan Segera Gelar Pemeriksaan Pap Smear Gratis

Pelaksanaan papsmeer gratis di RSUPH Adam Malik, Medan dalam rangka peringatan Hari Kanker Sedunia/fatimah

MEDAN (medanbicara.com)-Kanker merupakan salah satu jenis penyakit tidak menular utama menurut World Health Organization (WHO), di mana Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah penderita kanker serviks (kanker leher rahim) terbanyak di dunia.

Kanker sebenarnya bisa dideteksi secara dini, agar bisa dilakukan tindakan pengobatan lebih awal. Salah satunya, pemeriksaan pap smear untuk deteksi dini kanker serviks.

Dalam rangka Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari kemarin, RSUP H Adam Malik menggelar pemeriksaan pap smear secara gratis, Rabu (28/2) di Gedung Paviliun Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP H Adam Malik. Selain itu, juga diadakan seminar awam tentang kanker serviks dan kanker payudara.

“Dalam upaya menginformasikan pelayanan rawat jalan eksekutif di RSUP H Adam Malik yang telah mulai beroperasi sejak 7 Juli 2017 lalu, dan mengambil momen Hari Kanker Sedunia, maka RSUP H Adam Malik akan menyelenggarakan pemeriksaan pap smear gratis, serta seminar awam tentang kanker serviks dan kanker payudara,” kata Kepala Instalasi Pelayanan Eksekutif dr Qadri

Fauzi Tanjung SpAN-KAKV selaku Ketua Panitia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, sesuai dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  (GERMAS) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada akhir 2016 lalu.

Selain itu, diharapkan pula masyarakat secara umum dapat mengenal pelayanan rawat jalan eksekutif di RSUP H Adam Malik.

“Pemeriksaan pap smear untuk deteksi dini kanker serviks ini bisa diikuti secara gratis oleh masyarakat umum, siapa saja wanita yang telah seksual aktif. Karena pemeriksaan ini terbatas, maka silahkan segera mendaftar kepada panitia melalui telepon atau di Gedung Paviliun Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP H Adam Malik,” ujarnya.

Sementara itu,  seminar awam yang menjadi pembuka kegiatan disampaikan oleh sejumlah dokter spesialis di RSUP H Adam Malik yakni, dr Deri Edianto SpOG(K) Onk yang akan membahas tentang deteksi dini kanker serviks, dr Kamal Basri Siregar SpB(K) Onk akan menyampaikan deteksi dini kanker payudara, dan dr Rosmita Ginting  SpRad(K) Onk yang akan mengulik soal pola hidup sehat untuk mencegah kanker. (fatimah)

 

Mungkin Anda juga menyukai