CALEG GOLKAR

Sekda Saksikan Simulasi Pemungutan & Penghitungan Suara di TPS

NIAS (medanbicara.com) – Mewakili Bupati Nias, Sekda Kabupaten Nias, Firman Yanus Larosa, menghadiri serta menyaksikan simulasi pemungutan dan penghitungan (pungut hitung) suara pemilihan umum serentak tahun 2019, yang dilaksanakan di halaman kantor KPUD setempat, Hiliweto, Gido, Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Selasa (9/4).

Simulasi tersebut dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias. Dengan melibatkan seluruh penyelenggara pemilu, mulai dari tingkat Kabupaten hingga Kecamatan serta Tim Relawan Demokrasi di ikut sertakan.

Firman Yanus mengatakan, simulasi ini dilaksanakan untuk mensukseskan kegiatan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019.

Dengan melibatkan seluruh petugas KPPS, petugas pengawas TPS, dan petugas pemantau, petugas linmas, bahkan berperan sebagai Saksi Partai Politik.

Jajaran KPU Kabupaten Nias, Komisioner Bawaslu Kabupaten Nias, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) turut berperan sebagai pemilih. Pelibatan sebagai pemilih disabilitas dan pemilih pemula diperankan oleh beberapa penyandang disabilitas dan pelajar SLTA.

Firman Mendrofa menjelaskan, Kegiatan ini merupakan simulasi proses pemungutan suara di TPS. Dibuat simulasi yang benar – benar mirip dengan aslinya.

Dikatakannya, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui estimasi kendala dan estimasi waktu serta sebagai bentuk pengetahuan tentang tata cara pemungutan suara di TPS.

Dengan melibatkan jajaran penyelenggara di Kecamatan dan Desa, agar nantinya usai kegiatan ini mereka dapat meneruskan simulasi ini langsung kejajaran KPPS.

Dalam kegiatan simulasi tersebut turut hadir Sekda Kabupaten Nias, Komisioner KPU Kabupaten Nias, Sekretaris KPU Kabupaten Nias dan Pimpinan Partai Politik se Kabupaten Nias. (sut)

Mungkin Anda juga menyukai