CALEG GOLKAR

USU Terima 2.288 Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN

Gedung pusat administrasi kampus USU di jalan Dr. Mansyur Medan/ekofitri

MEDAN (medanbicara.com)-Universitas Sumatera Utara menerima 2.288 mahasiswa baru S1 dari total 38.647 pendaftar SNMPTN 2018. Hasil tersebut diumumkan, Selasa (17/4) melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id atau http://snmptn.usu.ac.id.

“Informasi registrasi atau daftar ulang dapat dilihat secara online di laman http://penerimaan.usu.ac.id dengan mengisikan no peserta SNMPTN,”kata Rektor USU Prof Runtung Sitepu melalui Humas di Medan, Kamis (18/4).

Tahun ini sebutnya, USU menerima mahasiswa baru melalui beberapa jalur yaitu SNMPTN (sudah diumumkan), SBMPTN (periode pendaftaran s/d 27 April 2018), Mandiri, Internasional dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD).

Wakil Rektor I USU, Prof  Rosmayati menyebutkan, calon mahasiswa baru yang diterima melalui SNMPTN wajib mengisi UKT online dan hadir pada saat pelaporan sesuai tahapan kegiatan. Pengisian data dan pembayaran UKT dapat dilakukan  secara online pada web http://uktdatareg.usu.ac.id, 25 April s/d 07 Mei 2018.

Pengiriman berkas UKT via pos dijadwalkan 05 hingga 14 Mei 2018 dengan  melampirkan slip gaji atau keterangan penghasilan bulan terakhir pihak yang membiayai 1 lembar. Selain itu juga, melampirkan surat keterangan dari Kepala Sekolah asal calon mahasiswa bersekolah, 1 lembar fotocopy KTP pihak yang membiayai, kartu keluarga pihak yang membiayai,  NPWP pihak yang membiayai, bukti pembayaran PBB tahun terakhir alamat tinggal pihak yang membiayai, bukti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun terakhir kendaraan bermotor pihak yang membiayai, tagihan rekening listrik bulan terakhir tempat tinggal pihak yang membiayai, tagihan rekening air bulan terakhir tempat tinggal pihak yang membiayai, SPT orang pribadi dan atau badan tahun terakhir pihak yang membiayai.

"Cetak foto rumah tempat tinggal tampak depan, 1 lembar. Tampak nomor rumah atau nomor RT/RW atau identitas lainnya yang membuktikan keberadaan rumah tersebut,"sebutnya.

Kemudian katanya, berkas kelengkapan  dimasukkan kedalam amplop dan di sudut amplop bagian kanan atas wajib dituliskan nama siswa, no ujian dan tulisan Berkas UKT. Kemudian berkas dapat dikirimkan melalui  pos ke alamat: Biro Akademik Universitas Sumatera Utara Gedung Biro Pusat Administasi Universitas Sumatera Utara Lantai II Jalan dr T Mansur No 9 Kampus USU Medan 20155.

Berkas UKT dapat juga diserahkan pada saat kegiatan pelaporan pada 8 Mei 2018. Pencetakan Billing Statement dapat didownload dari http://uktdatareg.usu.ac.id pada 21 Mei 2018. Sedangkan, pembayaran UKT dilakukan pada21 s/d 31 Mei 2018

Pembayaran UKT dapat melalui bank yang tertera pada billing statement, yaitu Bank BNI (Bank Negara Indonesia), Bank Mandiri, Bank SUMUT dan BTN (Bank Tabungan Negara).

Dijelaskan Rosmayati, calon mahasiswa baru USU diwajibkan mengunduh (download) file formulir data perhitungan nilai UKT mahasiswa angkatan 2018 Jalur SNMPTN (Form-01 dan Form-02) dari situs resmi USU http://uktdatareg.usu.ac.id menggunakan fasilitas akses internet. Formulir data perhitungan tersebut dicetak (print) pada kertas A4.

Sementara itu, Form-01 dan Form-02diisi sesuai data mahasiswa, orang tua  atau pihak lain yang membiayai kuliah mahasiswa bersangkutan. Sebelum dilakukan pengisian data, baca dengan cermat petunjuk pengisian Form-01 dan Form-02 terlebih dahulu.

Perlu diperhatikan mahasiswa cara mengisi  Form-01 dan Form -02 secara lengkap dan benar dan berkonsultasi dengan orang tua atau pihak lain yang membiayai uang kuliah sebelum mengakses http://uktdatareg.usu.ac.id. Apabila data yang diisikan ternyata tidak benar/memanipulasi, maka diberikan sanksi dengan membayar UKT penuh atau dibatalkan sebagai calon mahasiswa.

Apabila melakukan restart ulang pengisian data, calon mahasiswa dan orang tua/pihak lain yang membiayai wajib datang kebagian verifikasi UKT ke Bagian Keuangan-Biro Keuangan USU dengan membawa data pendukung/bukti fisik lengkap.

Apabila kesulitan dalam proses pengisian formulir data, hubungi bagian Help desk UKT di nomor 0813-6396-7632, 0822-7246-9619 pada 25 April s/d 07 Mei 2018, pukul 09.00 – 15.00 WIB.

"Pembayaran UKT dilakukan sebelum pra registrasi secara Online dan pemeriksaan kesehatan. UKT yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali,"jelasnya.

Adapun jadwal pelaporan bagi para mahasiswa, Saintek (FK, FP, FT, FKG, FMIPA, FKM, FF, F.KepdanFasilkom-TI) Selasa, 08 Mei 2018, jam 09.00 s/d 11.00 WIB di Gelanggang Mahasiswa USU Jalan Universitas kampus USU Medan. Soshum (FH, FEB, FIB, FISIP dan F.Psikologi), Selasa, 08 Mei 2018,jam 10.00 s/d 12.00 WIB,di Gedung Pendopo USU , jalan  Universitas kampus USU Medan.

Peserta harus datang sendiri dan tidak boleh diwakilkan, berpakaian rapi (tidak memakai kaos oblong, sandal/selop, topi dan cadar) dengan membawa, Kartu Peserta SNMPTN  2018 asli,

Ijazah asli atau Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN), apabila Ijazah asli dan SHUN belum keluar, calon mahasiswa harus membawa Surat Keterangan Lulus yang diterbitkan sekolah asal (dilengkapi dengan pasfoto terbaru ukuran 3 x4 cm).

Untuk peserta Bidik Misi, terdapat tambahan kelengkapan administrasi  ; foto copy kartu tanda siswa (KTS) sebagai bukti siswa aktif, surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang keilmuan/akademik yang disahkan Kepala Sekolah,surat keterangan penghasilan orangtua/wali atau surat keterangan tidak mampu dari Kepala Desa/Instansi tempat orang tua bekerja dan foto coy lainnya.

Wawancara Soshum Rabu, 09 Mei 2018 jam 08.00 s/d 16.00 WIB,Saintek, Jum’at, 11 Mei 2018 jam 08.00 s/d 16.00 WIB, di gedung Pusdiklat LPPM Jalan Dr Mansur No.64B.

Bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN 2018, terlambat melapor sesuai jadwal yang ditentukan, maka kelulusannya dapat dibatalkan.

(eko fitri/ef)

 

 

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai