Antoine Griezmann cetak dua gol ke gawang Marseille.Antoine Griezmann cetak dua gol ke gawang Marseille. (REUTERS/Christian Hartmann)

LYON (medanbicara.com)- Sejumlah catatan penting mengiringi langkah Atletico Madrid yang sukses menjuarai Liga Europa, usai mengalahkan Olympique Marseille di Stadion Groupama, Rabu (16/5/2018) waktu setempat.

Penyerang asal Perancis, Antoine Griezmann menjadi sorotan berkat dua golnya ke gawang Marseille. Sementara Gabi mengunci kemenangan Los Rojiblancos jadi 3-0 lewat golnya di pengujung laga.

1. Griezmann menjadi pemain ketiga Atletico Madrid yang sukses mencetak dua gol di final Liga Europa. Sebelumnya, Diego Forlan (2009/10) dan Radamel Falcao (2011/12) yang pernah melakukannya.

2. Atletico Madrid telah menjuarai Liga Europa sebanyak tiga kali yakni pada 2010, 2012, dan 2018. Dua gelar terakhir diraih saat dilatih oleh Diego Simeone.

3. Marseille memperpanjang rekor kekalahan di tiga final Liga Europa tanpa berhasil mencetak gol.

4. Antoine Griezmann telah terlibat dalam 45 persen dari total 93 gol Atletico madrid di semua kompetisi musim ini. Dengan rincian 29 gol dan 13 assist.

5. Gabi jadi pemain tertua (34 tahun 310 hari) yang sukses mencetak gol di final kompetisi Eropa sejak Paolo Maldini yang berhasil melakukannya pada 2005 pada final Liga Champions antara AC Milan vs Liverpool. Keduanya sama-sama berstatus sebagai kapten.

6. Tercatat belum pernah ada klub asal Prancis yang menjuarai UEFA Cup/Liga Europa. Marseille, Bastia, dan Bordeaux hanya berhasil jadi runner-up. (cnn)

TIDAK ADA KOMENTAR