Johann Zarco terpelanting dari motornya, di mana sebelumnya menabrak bagian belakang motor Marc Marquez di GP Australia 2018. (motoGP)

PHILLIP ISLAND (medanbicara.com)– Putaran MotoGP ke-17 di Australia, diwarnai dengan kecelakaan mengerikan yang dialami oleh pebalap Monster Yamaha Tech3, Johann Zarco. Beruntungnya, Zarco tak mengalami cedera parah, dan baik-baik saja.

Sebelum terjatuh, mengutip MotoGP.com, Minggu (28/10/2018) ternyata Zarco lebih dahulu seruduk bagian belakang motor Marc Marquez, pada saat balapan menyisakan 22 lap lagi.

Kecepatan Johann Zarco saat menabrak bagian belakang Marquez di posisi 185mph atau sekitar 297,7kpj. Pada kondisi seperti itu, syukurnya Marquez tak ikut jatuh dari motornya, hanya saja dirinya memilih keluar dari trek dan kembali ke garasinya.

Karena pilihannya keluar trek, Marquez harus rela pulang tanpa mendulang poin. Lagipula memang perolehan poin tak begitu berpengaruh lagi untuknya, pasalnya Marquez sudah menggenggam mahkota juara dunia 2018.

Informasi awal yang diumumkan akun resmi MotoGP, bagian belakang motor Marquez disebut mengalami kerusakan. Namun, soal efek lain pasca diseruduk Zarco, belum ada keterangan resmi lebih lanjut.

Kedua pebalap, Marquez dan juga Zarco, padahal masih memiliki kesempatan besar buat meraih podium di GP Australia lantaran berada di baris depan balapan. Zarzo sendiri saat ini menduduki peringkat keenam klasemen sementara dengan perolehan 133 poin.

Pembalap Movistar Yamaha Maverick Vinales akhirnya meraih kemenangan. Balapan MotoGP Australia berlangsung menarik di awal. Danilo Petrucci sempat memimpin balapan di tikungan pertama, tapi pebalap asal Italia itu kehilangan kontrol di tikungan dua dan keluar jalur. Rekan setim Petrucci di Pramac, Jack Miller, kemudian memimpin balapan atas pebalap Suzuki Andrea Iannone.

Marc Marquez kemudian sukses menyalip Miller di tikungan pertama lap kedua. Memasuki lap kelima, Andrea Dovizioso sukses menyalip Marquez. Persaingan dari pebalap pertama hingga ketujuh sangat ketat, hanya terpaut 1,5 detik.

Drama kemudian terjadi pada lap keenam. Johann Zarco menabrak bagian belakang motor Marquez di jalur lurus memasuki tikungan pertama. Zarco terpental dan jatuh sementara Marquez terus melorot posisinya karena kerusakan di bagian belakang sepeda motor Honda RC213V 2018 yang ditungganginya. Satu lap kemudian Marquez memutuskan untuk masuk garasi dan tidak melanjutkan balapan.

Memasuki lap kedelapan, Yamaha mendominasi balapan ketika Maverick Vinales dan Rossi berhasil menyalip Dovizioso untuk berada di posisi satu-dua. Vinales tampil luar biasa. Sempat melorot ke posisi sembilan di lap pertama, Vinales berhasil memimpin balapan di Phillip Island.

Repsol Honda benar-benar sial pada balapan ini. Dani Pedrosa juga dipastikan gagal finis setelah mengalami kecelakaan di tikungan keempat pada lap ke-12.

Vinales semakin unggul ketika balapan memasuki ke-16 dengan berada 2,5 detik di depan Alvaro Bautista yang tampil di MotoGP Australia menggantikan Jorge Lorenzo. Sementara Rossi melorot ke posisi lima setelah disalip Bautista, Dovizioso, dan Iannone.

Di saat perebutan posisi kedua berlangsung dengan ketat, Vinales sudah unggul lebih dari tiga detik di lap ke-23. Iannone berada di posisi kedua pada lap ini, unggul atas Dovizioso dan Bautista. Sementara Rossi justru melorot ke posisi kenam setelah disalip Alex Rins.

Vinales akhirnya berhasil menyelesaikan balapan dengan finis pertama, disusul Iannone dan Dovizioso. Ini adalah kemenangan pertama Yamaha di MotoGP 2018. Yamaha juga merebut kemenangan pertama di MotoGP sejak 25 Juni 2017 di Belanda. (trb/cnn)

Hasil Balapan MotoGP Australia 2018:

1. MAVERICK VINALES 40 menit 51,081 detik
2. ANDREA IANNONE +1,543 detik
3. ANDREA DOVIZIOSO +1,832 detik
4. ALVARO BAUTISTA +4,072 detik
5. ALEX RINS +5,017 detik
6. VALENTINO ROSSI +5,132 detik
7. JACK MILLER +6,756 detik
8. FRANCO MORBIDELLI +21,805 detik
9. ALEIX ESPARGARO +22,904 detik
10. BRADLEY SMITH +22,940 detik

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY