Joko Widodo bersama Prabowo Subianto saat menunggang kuda di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, beberapa waktu lalu. (ant)

JAKARTA (medanbicara.com)-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan cawapresnya pada Pilpres 2019. Ketum MUI KH Ma’ruf Amin resmi diumumkan jadi cawapres.

“Saya memutuskan kembali mencalonkan diri sebagai calon Presiden RI periode 2019-2024. Keputusan ini adalah tanggung jawab besar, erat kaitannya dengan cita-cita untuk meneruskan mimpi besar Indonesia maju dalam melanjutkan pembangunan dan berkeadilan di seluruh pelosok,” ujar Jokowi, saat pengumuman di Restoran Plataran Menteng, Jl HOS Cokroaminoto No 42, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

“Dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai elemen masyarakat, maka saya putuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari parpol Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres 2019-2024 Profesor Ma’ruf Amin,” imbuhnya.

Pengumuman ini dihadiri oleh seluruh ketum parpol Koalisi Indonesia Kerja. Para pendukung Jokowi juga sudah berada di lokasi.

Pengumuman nama Ma’ruf menjadi cawapres Jokowi cukup mengejutkan. Mengingat awalnya cawapres Jokowi menguat kepada Mahfud Md. Mahfud juga tiba-tiba menghilang dari pertemuan Jokowi dengan ketum parpol koalisi.

Sinyal Ma’ruf menjadi cawapres sebelumnya ditunjukkan dengan kehadiran dirinya ke Istana, kemarin (8/8). Jokowi dan Ma’ruf juga beberapa kali terlihat bersama dalam acara keagamaan.

Apa alasan Jokowi sehingga memilih ulama kharismatik itu. Pasalnya, sebelumnya sempat beredar kabar Mahfud MD yang akan digandeng Jokowi sebagai Cawapres. Ternyata Ma’ruf Amin yang dipilih.

“Kami saling melengkapi, nasionalis-religius,” kata Jokowi dalam jumpa pers di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, menjelaskan alasannya memilih Ma’ruf Amin sebagai pendampingnya.

Tak cuma itu, Jokowi juga menyebut Ma’ruf Amin sebagai sosok utuh yang bijaksana. Pengumuman ini disampaikan Jokowi bersama ketum-ketum parpol koalisi.

Jokowi mengatakan, akan mendaftar di KPU besok, Jumat pagi (10/8/2018), sebelum shalat Jumat. “Besok jam 09.00 WIB dari Gedung Joang ke KPU bersama ketum, sekjen, dan seluruh relawan,” tambahnya.

Sementara itu Partai Gerindra menyebut duet Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sudah disepakati mitra koalisi. Deklarasi segera dilakukan.

“Fixed, fixed. Kita ketemu politik semua ya,” ujar Ketua DPP Gerindra Habiburokhman. Jika Tuhan menghendaki dan rakyat memberi kepercayaan, Habiburokhman menyebut duet Prabowo-Sandi akan menang. Insyaallah menang,” ucap Habiburokhman.

Habiburokhman memberi jawaban singkat saat disinggung soal manuver Joko Widodo memilih KH Ma’ruf Amin sebagai cawapres. Tetap saja keyakinan Habiburokhman bahwa Prabowo-Sandi menang tak pupus.

“Siapa pun pasangan calon lawannya, insyaallah Pak Prabowo akan dipilih rakyat,” tegasnya. (dtn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY