Bupati Karo ,Terkelin Brahmana SH diDampingi Dandim 0205 TK Letkol Taufik Rijal saat rakornas di istana negara. (ist)
Loading...

KARO (medanbicara.com)-Bupati Kabupaten Karo, Terkelin Brahmana SH didampingi Dandim 0205 Tk, Letkol Taufik Rijal menhadiri rapat kerja nasional rakornas pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2019, Rabu (07/08/2019). Selain didampingi oleh Dandim juga turut hadir Nius Abdi Ginting ,SHut, Kasi BPBD di Istana Negara, di Jakarta.

Usai mengikuti rakornas, Bupati Karo Terkelin Brahmana saat dihubungi wartawan melalui WhatsApp mengutarakan dari mengutip kembali ada beberapa point sebagai pedoman dan evaluasi yang telah diterangkan oleh Presiden RI saat Rakornas berlangsung, dimana mengingatkan Tahun 2015–2018 telah terjadi penurunan tingkat kebakaran. Namun tahun 2019 lebih tinggi lagi dibanding tahun 2018.

”Angka kebakaran hutan meningkat, dengan ini wajib kita sikapi semua sesuai tugas perangkat adalah tanggung jawab bersama sebab Aturan yg diterapakan masih sama dengan tahun 2015. bagi siapa daerah yangg tidak sanggup untuk mencegah terjadinya kebakaran lebih bagus duluan aparat yang di wilayah tersebut dicopot,” tegas Terkelin Brahmana yang senada dengan keinginan Presiden.

Untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan Kedepan diharapkan peran kepala Daerah untuk peningkatan pencegahan terjadinya kebakaran hutan melalui dinas terkait, perlu disosialisasikan kepada masyarakat.

”Dengan ini saya ingatkan masyarakat jangan menerapkan pembukaan lahan pertanian dengan cara harus membakar hutan, untuk kepentingan pribadi. Untuk wilayah hutan Tanah Karo , Pemda akan meng-Back Up terus dan berkoordinasi dengan instansi terkait serta stakeholder guna pengamanan hutan dari segi Keperluan peralatan dan sarana pendukung, sesuai masukan tadi kita akan berkoordinasi dengan KemenLHK dan BNPB pusat,” ungkapnya

Rakornas ini dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet kerja, panglima TNI, Kapolri, Para Gubernur/Walikota /Bupati Se-Indonesia, yang dibuka oleh Presiden RI Ir Joko Widodo. (ogo)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY