Rombongan pemerhati anak berkebutuhan khusus Kabupaten Karo menyampaikan surat permohonan lahan untuk pembangunan USB SLB di Kecamatan Kabanjahe dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Rabu (30/1/2019) di ruangan Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe. (ist)
Loading...

KARO (medanbicara.com)- Gagasan untuk mendirikan sekolah luar biasa (SLB) Negeri di Kabupaten Karo mendapat dukungan penuh dari Bupati Karo, Terkelin Brahmana. Hal itu terungkap saat rombongan pemerhati anak berkebutuhan khusus Kabupaten Karo menyampaikan surat permohonan lahan untuk pembangunan USB SLB di Kecamatan Kabanjahe dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Rabu (30/1/2019) di ruangan Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe

Menurut Bupati, keberadaan SLB saat ini sangat dibutuhkan untuk memberikan pelayanan bagi anak yang berkebutuhan khusus sesuai dengan luas daerahnya.

“Walaupun saat ini sudah ada SLB swasta GBKP, namun keberadaan SLB Negeri dapat memperkuat peran SLB dalam melayani anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Lahan Pendirian SLB Negeri sudah sangat mendesak untuk didirikan di Karo. Apalagi lahan atau aset propinsi banyak yang terbengkalai. Nanti melalui dinas Pendidikan Kabupaten Karo yang akan bekerja sama dengan UPT Pendidikan Sumut untuk bersinergi memohon pemakaian lahan propinsi yang ada,” ujar Bupati Karo di ruang kerjanya.

Teknisnya nanti, Dinas Pendidikan Karo agar membuat kajian lebih dalam lagi tentang pentingnya pendirian SLB Negeri di Kabupaten Karo, untuk diteruskan ke Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara.

Hal senada juga disampaikan Kepala Unit Pendidikan Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Barat, Syahril Ginting, yang mana jika tujuan pembangunannya sangat positif tentunya akan didukung pemerintah. Untuk sementara lahan sekolahnya dulu yang akan kita cari bersama.

“Saya akan segera membuat surat ke Kepala Dinas Pendidikan Provinsi agar pendirian SLB ini dapat terealisasi secepatnya sehingga seluruh kabupaten kota yang ada di Sumut memiliki SLB Negeri,“ kata Ginting.

Sementara Ita Rasa Br Sitepu yang selama ini menjadi tenaga pendidik di SLB GBKP sangat mengharapkan pembangunan SLB Negeri di Kecamatan Kabanjahe terealisasi. Mengingat sekolah swasta berkebutuhan khusus GBKP tak mampu lagi menerima semua anak didik yang berkebutuhan khusus di Kabupaten Karo.

Turut hadir pada kesempatan itu, rombongan pemerhati anak berkebutuhan khusus diantaranya Kabid TK/SD Kabupaten Karo, Perlindungan Gurusinga, Ka UPT Pendidikan propinsi Sumatera Utara, Syahril Ginting, Marko Sembiring, Edy syah Putra Tarigan, Ita Rasa br Sitepu, Sriwati br Sitepu, Ellys Safitri, Eldon Bangun dan Holmes Bangun. (ita)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY