Even tahunan malam Idul Fitri bertajuk Festival Tabuh Bambu dan Bedug Garis ke-13 akan kembali digelar di Panggung Atas Taman Mejuah-juah Berastagi, Kamis (14/6/2018) mendatng. (ald)

KARO (medanbicara.com)- Even tahunan malam Idul Fitri bertajuk Festival Tabuh Bambu dan Bedug Garis ke-13 akan kembali digelar di Panggung Atas Taman Mejuah-juah Berastagi, Kamis (14/6/2018) mendatng.

Ketua Panitia Pelaksana, M Irwansyah menyebutkan, sebagaimana tahun sebelumnya, Festival Tabuh Bambu dan Bedug Garis ke-13 akan dibagi dalam dua kategori, tingkat anak-anak dan remaja/dewasa.

“Kita akan meneruskan tradisi itu karena antusiasme peserta tetap tinggi, hingga kita berlakukan dua kategori, ” ujar pria yang akrab disapa Iwan itu.

Dikatakannya, dalam waktu dekat pihaknya akan menyebarkan undangan kepada kenaziran masjid dan surau yang ada di Berastagi sekitarnya. Nantinya, dalam undangan yang dibagikan sudah lengkap dengan kriteria perlombaan dan formulir pendaftaran.

“Peserta bisa mendaftar di Sweet Green Coffee and Resto Bukit Kubu Hotel, Jalan Jamin Ginting Berastagi mulai pukul 12.00 Wib sampai 21.00 Wib. Pendaftaran terakhir sesuai dengan hasil rapat kita ditetapkan pada 10 Juni 2018,” katanya.

Iwan menambahkan, Festival Tabuh Bambu dan Bedug yang dilanjutkan dengan iringan Gema Takbir masih relevan dilihat sebagai bahagian dari sarana pengaplikasian gagasan akan pentingnya melaksanakan syiar yang merdeka dan berbasis kearifan tradisional Karo.

Menurutnya, syiar yang lebih menitikberatkan tujuan akhir daripada kebekuan akan tatanan monoton yang terkadang membuat gusar.

“Festival Tabuh Bambu dan Bedug sesuai jati diri terus mengedepankan inti dari niatan awal, yakni mengembalikan nuansa syiar di malam takbir bahagian dari reuni panjang masyarakat luas untuk mengembalikan semangat kemenangan di hari yang Fitri,” pungkasnya. (ald)

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR