Wabup Sergai Terima Audiensi Lembaga Anti Narkotika Provinsi Sumut

SERGAI (medanbicara.com)-Wakil Bupati Sergai, H Darma Wijaya menerima audiensi Lembaga Anti Narkoba (ALN) Provinsi Sumut di ruang rapat Wabup Sergai Kantor Bupati Sergai, Rabu (25/09/2019).

Ketua LAN Provinsi Sumut menyikapi maraknya peredaran narkotika di kalangan masyarakat. Program utama lembaganya adalah pemberantasan penyalahgunaan narkoba di masyarakat sekaligus perehabilitasian para pengguna narkotika.

“Selain dua program tersebut, kami juga memiliki program lain yang berjalan hingga kini yaitu program operasi bibir sumbing dan katarak secara geratis bagi masyarakat,ā€ ujarnya.

Wabup Sergai H Darma Wijaya mengatakan, pemberantasan narkotika di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat tidak bisa hanya mengandalkan sepanduk-sepanduk yang bergantungan, namun harus melakukan inovasi dalam proses pemberantasan narkoba di masyarakat.

“Dalam hal berinovasi, kita bisa melakukan pengumpulan massa, seperti misalnya bagi umat muslim diperwiridan kaum ibu maupun perwiridan malam Jumat tentang bahaya narkotika. Pada moment ini kita bisa memberikan pengarahan kepada para orang tua untuk lebih meningkatkan perhatian kepada anak-anaknya. Begitu juga dengan agama lain, kita bisa melakukan hal yang sama di ruang lingkup mereka. Jadi dalam pemberantasan narkoba kita harus memiliki strategi yang kuat,” katanya.

Menurutnya, dia pernah mencoba hal tersebut dengan mengumpulkan masyarakat desa tempatnya tinggal dalam forum perwiridan setiap malam Jumat, dan hasilnya pun sangat memuaskan. Masyarakat desa sangat antusias untuk datang melaksanakan perwiridan tersebut.

“Untuk menuntaskan masalah narkoba di masyarakat, salah satu cara yang sangat baik adalah memberikan pengarahan dan pengetahuan kepada orang tua akan situasi saat ini dan betapa berbahayanya narkoba yang sedang mengintai kita dan anak anak kita. Pendidikan yang paling baik adalah pendidikan dari keluarga itu sendiri,” katanya.

Selain menggunakan jalur perwiridan, juga bisa mendatangi sekolah-sekolah, dengan memberikan pendidikan kepada para murid akan bahaya narkoba yang akan merusak para generasi penerus bangsa. Menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada jajaran kepolisian yang telah berhasil memberantas peredaran gelap narkoba di masyarakat,” tandasnya. (yung)

Loading...

Mungkin Anda juga menyukai