Warga Minta Ternak Babi dan Pabrik Peleburan Timah Ditutup

Puluhan warga Desa Ujung Rambung saat melakukan aksi di halaman Pemkab Sergai (buyung nasution)

SERGAI (medanbicara.com)- Resah akibat limbah ternak babi dan polusi udara yang ditimbulkan, warga Desa Ujung Rambung, Kecamatan Pantai Cermin, Sergai melakukan demo di halaman kantor Pemkab, Rabu (2/5/2018) sekira pukul 10.00 WIB. Demo itu dijaga ketat pihak Kepolisian dan Sat Pol PP.

Dalam orasinya, pimpinan aksi Zunaidi meminta Pemkab Sergai menutup pabrik peleburan timah dan ternak babi di Desa Ujung Rambung, Pantai Cermin, Sergai. Masalahnya sudah 2 tahun beroperasi dampak lingkungan yang terjadi membuat warga semakin resah.

Zunaidi dengan menggunakan pengeras suara mengatakan, ratusan petani dan warga setempat resah karena limbah ternak babi dibuang ke tali air, begitu juga asap dari pabrik peleburan timah menyesakkan pernafasan warga yang berdomisili di seputaran pabrik.

“Kami meminta Pemkab Sergai segera menutup ternak babi di Ujung Rambung dan pabrik peleburan timah, jika hal ini tidak diindahkan kami warga Desa Ujung Rambung akan siap melakukan aksi dengan jumlah yang lebih besar demi memperjuangkan keluhan masyarakat,” kata Zunaidi.

Sementara itu koordinator aksi lainnya, Sukur (60) mengatakan, sebagai warga yang bermukim tidak jauh dari lokasi pabrik sangat terganggu dengan pencemaran udara. Diakui Sukur, dia dan 8 warga lainnya memang ada membubuhkan tanda tangan untuk keberadaan pabrik tersebut namun diakuinya saat itu tertipu oleh pihak pengusaha yang katanya akan menyalurkan CSR-nya hingga ia dan warga lain menandatangani bahwa ia tidak keberatan.

“Kami merasa tertipu saat itu semacam ada paksaan hingga kami menandatangani izin masyarakatnya, namun semakin lama asap dari pabrik itu semakin besar hingga sangat mengganggu warga,” ucapnya.

Sekitar 25 menit melakukan aksi 20 perwakilan masyarakat diterima oleh pihak Lingkungan Hidup Kab Sergai. Dalam dialog tersebut sempat alot karena perwakilan meminta kepala dinas terkait agar dihadirkan, setelah melakukan pembahasan panjang akhirnya Pemkab Sergai berjanji segera mengambil tindakan untuk kepentingan masyarakat Desa Ujung Rambung.(buyung nasution)

Loading...

Mungkin Anda juga menyukai