27 Hektare Tanaman Cabai Di Beringin Diserang Jamur

Lahan yang ditanami cabai di Kecamatan Beringin, Deli Serdang. Kali ini tanaman cabai mengecewakan para petani/hulman

DELI SERDANG (medanbicara.com)-Petani cabai di Dusun Jogja, Desa Sidodadi, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang gagal panen. Pasalnya, 27 hektare tanaman cabai merah milik sejumlah warga di daerah tersebut diserang jamur. Akibatnya, banyak petani cabai merugi akibat serangan jamur pada batang cabai itu.

Abdul Jafar (32), salah seorang petani mengatakan, serangan hama jamur itu terjadi ketika ayah satu anak memanen cabai merah dilokasi lahan seluas 2400 M2 (6 rante) untuk keempat kalinya. Padahal, dalam semusim selama enam bulan, pria yang sudah 3,5 tahun menanam cabai itu bisa memanen cabai hingga 15 kali.

“Sebelum ada hama jamur, 3 kali panen sudah dapat hasil berkisar 200 kg. Saat ini sekali panen hanya menghasilkan berkisar 10-15 kg caba,”sebutnya.

Meski panen cabai kali ini mengecewakan, namun Abdul Jafar tidak kapok dan akan tetap menanam cabai pada lahan miliknya, karena sudah merupakan mata pencaharian sehari-hari. Soal harga, lanjut Abdul Jafar, kali ini memang harga cabai sangat membantunya meskipun hasil panen mengecewakan.

“Modal sudah kembali karena ditolong harga cabai yang mencapai Rp 26 ribu perkilogramnya dipohon. Saat bulan puasa lalu, harga cabai berkisar Rp 4 ribu hingga Rp 5 ribu per kilogram,”sebutnya sembari menambahkan jika hama jamur ini sudah menyerang tanaman cabai selama dua musim terakhir. (man)

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai