10 Tahun Jadi Asisten Rumah Tangga di Malaysia, Warga Lubuk Pakam Dipulangkan Karena Menderita Kanker Serviks

DELISERDANG (medanbicara.com)-Kedutan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur dan satuan tugas Perwakilan Perlindungan Terpadu ( PPT) Kedutan Besar Republik Indonesia ( KBRI) Kuala Lumpur memulangkan 17 WNI/PMI secara mandiri dengan tujuan Jakarta, Medan, Mataram, dan Surabaya, Selasa (3/12/2019) dengan Nomor penerbangan Air Asia QZ 125.

Dari 17 WNI yang dipulangkan tersebut salah satu adalah Vivi Siregar (54), warga Kelurahan Lubuk Pakam l- ll Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang.

Informasi diperoleh, Vivi Siregar bekerja sebagai asisten rumah tangga di Malaysia berkisar selama 10 tahun dan dipulangkan ke tanah air dikarenakan menderita kanker serviks kronis.

Sekira pukul 11.30 Wib Vivi Siregar tiba di Kantor Camat Lubuk Pakam langsung dari Bandara KNO dengan mengendarai mobil ambulans Puskesmas Lubuk pakam bersama perwakilan Dinas Kesehatan, Rumintang Sihotang dan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Deli Serdang. Karena keluarga dari Vivi Siregar tidak satupun dapat dihubungi.

Tiba di Kantor Camat Lubuk Pakam bertemu Camat Lubuk Pakam, Kurnia Boloni Sinaga, SSTP dan selanjutnya Camat menghubungi Lurah Lubuk Pakam I-II, Rahmad Hidayat, SIP untuk mencari keluarga dari Vivi Siregar.

Sekira pukul 13.00 Wib, anak satu satunya dari Vivi Siregar, Yuari Ferdian (34) ditemukan dan tiba di Kantor Camat Lubuk Pakam. Selanjutnya Camat, Kasi Kesos Kec Lubuk Pakam, Lurah, perwakilan dari Dinas Kesehatan dan dinas tenaga kerja menyerahkan Vivi Siregar kepada pihak keluarga dan memberitahukan kepada pihak keluarga tentang penyebab Vivi Siregar dipulangkan ke tanah air oleh pihak KBRI dan akan memfasilitasi layanan kesehatan yang diperlukan oleh Vivi Siregar.

Pihak Keluarga menyetujui saran agar Vivi Siregar langsung dibawa ke RSUD untuk mendapatkan tindakan medis karena melihat kondisi yang sangat lemah. Pihak kecamatan Lubuk Pakam dan Kelurahan segera menyiapkan administrasi kependudukan yang diperlukan, yaitu melakukan perekaman data atas Vivi Siregar untuk menerbitkan Suket dan SKTM.

Sekira pukul 13.40 Wib, Vivi Siregar dibawa ke RSUD untuk mendapatkan perawatan yang dibutuhkan dengan didampingi oleh Camat Lubuk Pakam beserta ibu, Lurah, perwakilan Dinas Kesehatan dan perwakilan Dinas Tenaga kerja. (man)

Loading...

Mungkin Anda juga menyukai