Bupati Buka Kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) TPAKD Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021

Deli Serdang (medanbicara.com) – Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan membuka kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021, bertempat di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati, Jum’at (29/10/2021). Setelah  acara pembukaan, dilanjutkan dengan Pemaparan produk jasa keuangan dan literasi kepada pelaku UKM.


Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setdakab Deli Serdang Sry Ekayani , S.Sos,MAB dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk mendekatkan masyarakat khususnya pelaku UKM di Kabupaten Deli Serdang dengan produk dan layanan keuangan.  Dengan semakin terbukanya akses keuangan masyarakat, penggunaan produk dan layanan keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan akan meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu dalam Sambutannya, Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan mengatakan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) merupakan forum koordinasi bagi lembaga pemerintah dan pemangku terkait untuk mempercepat akses keuangan di daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi regional dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat .

“ Tujuan dari dibentuknya tim ini adalah untuk mendorong optimalisasi potensi sumber dana di daerah dalam rangka memperluas penyediaan dana produktif,” kata Bupati Deli Serdang

Selanjutnya, Bupati Deli Serdang berharap melalui kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK), dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan di Kabupaten Deli Serdang.

Lebih lanjut Kapasitas persoalan sosial, ekonomi dan kesehatan inklusi keuangan kepada masyarakat harus didorong terhadap kebutuhan jasa keuangan agar dapat diperoleh dengan mudah, ini tentunya menuntut terbangunnya literasi yang benar tentang inklusi jasa keuangan, sehingga masyarakat dapat memahami produk, dan memahami besaran resikonya.

“ Kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai upaya untuk mendekatkan masyarakat dengan produk dan layanan  keuangan dengan terbukanya akses keuangan masyarakat, penggunaan produk sesuai kebutuhan akan berimplikasi kepada  meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Kami berharap lembaga jasa keuangan atau perbankan di wilayah Lubuk Pakam dapat terus bekerja sama, berkolaborasi dengan  OPD jajaran Pemerintah Deli Serdang. Semoga kegiatan ini menjadi edukasi, serta literasi lebih yang lebih masif terhadap produk dan layanan jasa industri keuangan menuju  well financial literate khususnya para pelaku UMKM,” ungkap Bupati saat membuka kegiatan Bulan Inklusi Keuangan.

Acara ini dihadiri mewakili Kepala OJK Regional 5, Deputi Direktur Manajemen Strategis, kemitraan Pemda dan EKD  Andi Muhammad Yusuf, Bidang Informasi dan Dokumentasi OJK Regional 5  Bani Napitupulu (melalui Virtual), Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Jentralim Purba SH.,MH., Asisten Perekonomian dan Pembangunan  Putra Jaya Manalu SE.,MM., Kabag Perekonomian dan SDA yang juga Sekretaris TPAKD  Sri Ekayani S.Sos., MAB., Kadis Perindag T.M Zaki Aufa S.Sos., MAP., Kadis Koperasi dan UKM  Dra. Hj. Rabiatul Adawiyah Lubis, M.Pd., Kadis Kominfo Dr. Dra. Hj. Miska Gewasari MM., Kadis Penanaman Modal dan PPTSP  Muhammad Salim SP., M.Si , Pimpinan Cabang PT Bank SUMUT Lubuk Pakam  Erwinta Siregar, Pimpinan Cabang PT. Bank Rakyat Indonesia Lubuk Pakam  Deli Sopian beserta para pelaku UKM Deli Serdang. (man)

Mungkin Anda juga menyukai