Bupati Deli Serdang Resmikan Jaringan Listrik di Desa Rumah Keben Dan Desa Uruk Gedang

Deli Serdang (medanbicara.com) – Bupati mengucapkan terimakasih  kepada PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, atas perhatian dan kerjasamanya dalam membangun listrik pedesaan yang selama ini belum teraliri listrik, sehingga masyarakat Desa Rumah Keben dan Desa Uruk gedang dapat merasakan aliran listrik.

Hal tersebut  diutarakan Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan  meresmikan jaringan listrik  sekaligus penyalaan perdana pelanggan di Desa Rumah Keben dan Desa Uruk Gedang Kecamatan Namorambe. Acara tersebut berlokasi di Aula Desa Rumah Keben, Rabu (15/12/2021), ditandai dengan penekanan tombol sirine.

Bupati melanjutkan bahwa tidak mungkin kegiatan ini dapat terealisasi apabila tidak ada kerja sama yang baik antara kita semua, terkhusus dari PT. PLN . Berharap kerjasama ini dapat terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi demi tercapainya percepatan pembangunan ketenagalistrikan  serta terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan ketersediaan listrik yang berkeadilan.

Adanya aliran listrik di Desa Rumah Keben dan Desa Uruk Gedang ini tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat akan energi listrik saja, lebih dari itu yaitu keberadaan energi listrik akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan perkembangan wilayah di Kabupaten Deli Serdang. Kita berharap adanya penerangan di rumah-rumah warga ini dapat meningkatkan produktivitas dan menunjang aktivitas masyarakat baik siang maupun malam.

“Pada malam hari anak-anak kita bisa belajar, bahkan masyarakat yang mempunyai usaha di rumah, juga dapat lebih menghidupkan usahanya. Marilah kita bersama-sama menjaga, merawat infrastruktur listrik ini dengan baik, agar kita dapat terus merasakan manfaat keberadaan energi listrik ini,” ajak Bupati.

Bupati sekaligus juga berharap kepada GM PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumut melanjutkan perhatiannya terhadap seluruh desa-desa yang ada di Deli Serdang  melalui bantuan program-program yang ada di PLN atau CSR, perhatian tersebut sangat berarti bagi setiap masyarakat kita yang berada di desa-desa.

Sebelumnya, GM PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, Pandapotan Manurung mengatakan terima kasih kepada warga serta Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang selama ini sudah membantu dalam penyelesaian listrik desa dan PLN berharap selama beroperasi nantinya juga tetap terus mendukung upaya PLN untuk menghadirkan listrik yang handal.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pemkab Deli serdang  beserta warga Desa yang sudah membantu selama ini dalam pembangunan Lisdes sepanjang 1.065 kms untuk HUTM dengan 1 Gardu Distribusi 50 kVA dan HUTR sepanjang 4.180 kms dengan total investasi sebesar Rp. 985.813.543,” ucapnya

“Kami juga harap saat pemeliharaan nantinya kami diperbolehkan menebang pohon-pohon agar tidak mengganggu jaringan listrik,” ujar GM PT. PLN (Persero) UIW Sumut.

Atas nama masyarakat Kepala Desa Rumah Keben, Melson Sembiring mengucapkan terima kasih  atas kehadiran Bupati H. Ashari Tambunan bersama pejabat Pemkab Deli Serdang.

Sedikit bercerita, Kepala Desa Rumah Keben mengatakan, Desa Rumah Keben sebelumnya adalah sebuah kampung, masyarakat membangun rumah dan berprofesi sebagai petani. Menurut sesepuh Desa Rumah Keben, kampung atau desa ini dibangun pada tahun 1928. Pada Tahun 1952, masyarakat keluar dari Desa Rumah Keben dan Desa Uruk Gedang karena wilayahnya tidak berkembang dan masyarakat pindah ke Desa Tangkahan.

“Pada tahun 2010, untuk mengembalikan masyarakat Desa Rumah Keben dan Desa Urung Gedang  yang berada di Desa Tangkahan, pemerintahan desa berusaha membuka akses jalan dengan cara meminta kepada masyarakat untuk menghibahkan tanahnya untuk dibangun jalan sepanjang 6 Km. Sampai sekarang yang kita lihat,desa kami terbangun karena saling bersinerginya masyarakat, pemerintah dan dibantu pihak swasta,” ucap Kepala Desa Rumah Keben.

Pada akhirnya, masyarakat Desa Rumah Keben dan Desa Urung Gedang mengucapkan terima kasih kepada Bupat Deli Serdang dan GM PT PLN Sumatera Utara atas terbangunnya jaringan listrik yang sebentar lagi akan diresmikan. “Karena sudah lama kami menunggu keberadaan listrik di desa kami,” katanya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan Akta pernikahan dari pencatatan sipil, kunci bedah rumah sekaligus Surat IMB, kursi roda, penyerahan sembako untuk keluarga yang tidak mampu, bertempat di Aula Desa Rumah Keben serta peletakan batu pertama pembangunan rumah tidak layak huni.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Drs. Citra Effendi Capah, Para Kepala OPD dan Kabag, Ketua MUI Deli Serdang Kyai Amir Panatagama, para Senior Manajer sejajaran PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, Camat Namorambe Amos F. Karo-karo S.Sos MAP beserta Muspika, Kepala Desa Rumah Keben Melson Sembiring, Kepala Desa Urak Gedang Marhen Bukit serta para Kepala Desa se- Kecamatan Namorambe, tokoh masyarakat Sura Sembiring. (man)

Mungkin Anda juga menyukai