Diskusi dan Evaluasi Penanganan Covid 19 di Kecamatan STM Hilir, Kades Minta Vaksin Harus Tersedia

Deli Serdang (medanbicara.com) – Sekdakab Deli Serdang, Darwin Zein SSos didampingi Asisten I Drs Citra Efendi Capah, Asisten III Dedi Maswardy SSos, Kadis PMD Drs Khairul Azman, Kalak BPBD Drs Zainal Abidin Hutagalung, Kadis Kesehatan dr Ade Budi Krista, Sekwan Drs Hendra Wijaya, Plt Ka.Satpol PP Darwis Mahadi Sianipar, SSTP, MAP, melakukan pertemuan bersama para Kades se Kecamatan STM Hilir terkait diskusi dan evaluasi penanganan Covid 19, bertempat di Aula Titik Temu Cafe Desa Talun Kenas Kecamatan  STM Hilir Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (4/9/2021).

“Kegiatan diskusi dan evaluasi ini untuk mendapatkan saran dan  masukan dari para Kades, Kepala Puskesmas serta Satgas Kecamatan tentang hal-hal yang menjadi permasalahan yang terjadi di wilayah Kecamatan STM Hilir,” kata Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein SSos, pada diskusi penanganan Covid 19 di Kecamatan STM Hilir. Turut hadir pada acara tersebut Camat STM Hilir Hesron T Girsang AP, MSi beserta Muspika Kecamatan, para Kepala Desa,  Kepala Puskesmas setempat serta Satgas Kecamatan STM Hilir .

Pada diskusi tersebut Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein SSos  memberikan apresiasi kepada Kecamatan STM Hilir atas langkah-langkah dan upayanya yang luar biasa dalam pencegahan Covid 19, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang juga berterimakasih  kepada Muspika Kecamatan STM HILIR dan para Kepala Desa yang sama-sama menjadi Tim Terpadu upaya pencegahan berkembangnya Covid-19.

“Dalam rangka pelaksanaan  persiapan pembelajaran tatap muka terbatas yang akan segera dilaksanakan, untuk itu itu tidak boleh lalai, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dalam mengawasi anak-anak yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. Dari data yang lihat beberapa hari belakangan ini kasus yang terkonfirmasi di Kecamatan STM Hilir menurun, kita juga perlu melakukan evaluasi dan diskusi. Tujuannya  untuk melakukan penekanan angka Covid 19 di Kabupaten Deli Serdang,” ucap Sekda.

Sekda juga mengingatkan, tetap harus mewaspadai angka penaikan di Kabupaten Deli Serdang, juga bersyukur atas langkah-langkah dan upaya yang kita lakukan menjadi lebih baik, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati. “Ini bagian langkah-langkah dan upaya kita, kebersamaan kita pada hari ini dalam rangka upaya pencegahan Covid-19. Kepada Kapolsek, Danramil, Camat dan Kepala Desa mari kita berdiskusi dan evaluasi langkah langkah dan upaya pencegahan berkembangnya Covid-19,” katanya.

“ Mari kita upayakan bagaimana kerumunan itu  kita cegah, kerumunan paling cepat menyebarkan perkembangan Covid-19, di Kecamatan-Kecamatan lain kita sudah upayakan dilarang pesta atau mengadakan pernikahan, Mudah-mudahan ke depannya Desa-Desa terkhusus Kecamatan STM Hilir lebih baik dan bisa menjadi zona hijau yang juga bisa menularkan di  kecamatan lainya di wilayah Kabupaten Deli Serdang,” kata Sekda, Darwin Zein.

Asisten Pemerintahan, Drs Citra Efendi Capah mengatakan, bahwa pada saat ini Kabupaten Deli Serdang khusus terkonfirmasi Covid-19  ada pada angka penurunan. Kemudian perlu diketahui bahwa angka penurunan dari  terkonfirmasi  menurun dan angka kesembuhan semakin meningkat itu khusus di Kabupaten Deli Serdang.

Asisten I juga menyampaikan,  bahwa tidak semena-mena dalam mengatasi atau mengantisipasi wilayah yang zonanya merah, dan bukan zona merah saja yang ditangani tetapi untuk yang zona orange dan kuning juga perlu ditangani agar menjadi zona hijau. “Jika semakin banyak zona hijau di wilayah kita, berarti semakin baik Kabupaten Deli Serdang,” ucapnya.

“Pengurangan-pengurangan pembatasan kegiatan masyarakat  telah dilakukan antara lain, pembelajaran tatap muka sekolah sudah diizinkan mulai Senin tanggal 6 September 2021 dengan syarat harus tetap menjaga Protokol Kesehatan dan 5M. Kita harus tetap semangat dalam menanggulangi  Covid-19 di Kabupaten Deli Serdang. Untuk itu, ini menjadi tugas kita bersama dalam mengawal dan mengawasi siswa  siswi tersebut,“ kata Asisten Pemerintahan Drs Citra Efendi Capah.

Sementara para Kades dan juga Kapolsek serta Danramil mengharapkan agar ketersediaan vaksin di STM Hilir agar menjadi perioritas, disebabkan masih minimnya vaksin untuk warga, sementara antusias masyarakat untuk minta divaksin sangat tinggi sekali, bahkan rela antre berlama-lama demi mendapatkan vaksin. (man)

Mungkin Anda juga menyukai