Jadi Pembina Upacara di SMAN 1 Beringin, Wabup Deli Serdang Ingatkan Pelajar Tunjukkan Sikap Baik

Deli Serdang (medanbicara.com) – Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menyatakan menjadi pelajar yang baik dilihat dari seberapa baik dan seberapa jauh peran aktif pelajar tersebut tidak hanya di sekolah tapi juga di luar sekolah, sehingga bisa menjadi contoh bagi lainnya.

Penegasan ini disampaikan Wabup ketika menjadi pembina upacara pengibaran bendera di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Beringin, Senin (7/3/2022).

“Saya perhatikan, SMA Negeri 1 Beringin ini sudah layak menjadi sekolah terbaik di Kabupaten Deli Serdang, karena diawali yang paling utama dilihat adalah petugas-petugas penaikan bendera dan peserta upacara, yang tertib dan rapi. Kemudian, pendidikan itu bukan dinilai dari berapa besar, berapa baik bangunan di sekitar kita. Tapi, seberapa jauh menjadi pelajar yang baik dan bisa diikuti oleh teman-teman yang lain,” ucap Wabup. 

Ketika belajar di sekolah, sebut Wabup, merupakan tanggungjawab guru. Namun, jika sudah di luar sekolah menjadi tanggung jawab masing-masing siswa dan keluarganya.  “Justru karena itu, sifat dan tingkah laku serta disiplin harus ditunjukkan, bukan saja di sekolah tapi di luar sekolah. Sebagaimana orang melihat, ketika kita baik maka orang akan mengatakan itu pelajar SMA Beringin. Wah, itu pelajar SMA Beringin baik-baik, tidak ada tawuran, tidak ada merokok-merokok di pinggir jalan,” imbuh Wabup. 

Apa yang disampaikan Wabup tersebut, merupakan pengalaman pribadinya. Wabup sering melihat banyak siswa ketika pulang sekolah, naik sepeda motor, bonceng tiga dan merokok. “Itu jangan dilakukan. Agar kalian memang pantas menjadi siswa SMA Negeri 1 Beringin,” tegas Wabup.

Wabup menjelaskan, SMA Negeri 1 Beringin baru berdiri selama dua tahun. Tapi, sejauh ini bangunan yang dimiliki sudah sangat baik, ditambah keberadaan halaman yang begitu asri. Dan, rencananya pihak sekolah dalam waktu dekat akan membuat musala. 

Ini menunjukkan SMA Negeri 1 Beringin memikirkan pola pembangunan bidang agama bagi para peserta didik. Di kesempatan itu pula, khusus kepada para siswa kelas III, Wabup berpesan untuk belajar sungguh-sungguh. 

“Bagi kelas III, sebentar lagi tamat. Tunjukkan kepada masyarakat dan dunia, bila kalian pantas bersekolah di SMA Negeri 1 Beringin. Harus ingat, kalian akan menjadi alumni. Harus bisa berpikir sekolah ini bisa lebih baik lagi,” pungkas Wabup.  Di akhir sambutannya, Wabup juga berpesan para siswa bisa menjadi garda terdepan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan Covid-19.

“Jangan lengah, ikuti protokol kesehatan. Di sekolah dan rumah, sebagai garda terdepan. Karena Covid-19 belum habis. Mudah-mudahan sebentar lagi bisa habis, agar pembelajaran tatap muka ini bisa dilaksanakan seperti biasa, enam hari di sekolah, satu hari libur,” tandas Wabup. 

Hadir di upacara bendera tersebut mendampingi Wabup, Kadis Kominfostan Deli Serdang Dr Dra Hj Miska Gewasari MM, Camat Beringin Wahyu Rismiana SSTP bersama perangkat Kecamatan, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Beringin Arya Novika Naulista Siregar MPd bersama Wakil Kepala Sekolah dan guru – guru, Komite SMA Negeri 1 Beringin, dan lainnya. (man)

Mungkin Anda juga menyukai