Kapolda Sumut Hadiri Vaksinasi Massal, 1.300 Orang Divaksin di Pesantren Mawaridussalam

Deli Serdang (medanbicara.com) – Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak Msi bersama Kasdam I BB Brigjen TNI Didied Pramudito beserta rombongan melakukan peninjauan proses vaksinasi masal Covid-19, di Pesantren Mawaridussalam di Jalan Peringgan Desa Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang, Selasa (7/9/2021 

Kedatangan Kapolda Sumut dan Kasdam I BB ini disambut langsung oleh Kapolresta Deli Serdang Kombespol Yemi Mandagi Sik, Dandim 0204 DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, Bupati Deli.Serdang Ashari Tambunan, Wakapolresta Deli Serdang AKBP Julianto P Sirait Sik, Pimpinan Pondok Pesantren Mawaridussalam Buya KH Drs Syahid Marqum, MM, PJU Polresta Deli Serdang, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang dr Ade Budi Krista dan undangan lainnya.

Kegiatan vaksin massal dilaksanakan di gedung pesantren Mawaridussalam dengan target vaksinasi sedikitnya 1.300 orang meliputi santri, guru dan keluarganya. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara ketat sesuai protokol kesehatan dengan mengatur dan membagi secara teratur, orang-orang yang mengikuti vaksin massal. Untuk pembagian dikhususkan pria yang terpisah dengan wanita.

Kapolda Sumut bersama Kasdam dan rombongan langsung melihat proses pelayanan vaksinasi yang dilakukan oleh petugas medis dibantu personel TNI Kodim 0204 dan Personel Polresta Deli Serdang.

Kegiatan Vaksinasi Serentak Pesantren dan Rumah Ibadah jenis Vaksin Covid -19 Sinovac di Pondok Pesantren Mawaridussalam, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang adalah program nasional yang dilakukan serentak di sejumlah wilayah di Indonesia.

Kegiatan vaksinasi serentak pesantren dan rumah ibadah jenis vaksin Covid -19 Sinovac bagi santri/guru Pondok Pesantren Mawaridussalam. Panitia Pelaksana adalah Staf Khusus Presiden  Ridwan dan Muhajir. Sementara petugas pelaksana Dinas Kesehatan Deli Serdang, tim kesehatan Poldasu, Poskes Kodim 0204/DS, RS Grandmed Lubuk Pakam dan tim kesehatan Polresta Deli Serdang.

Pelaksanaan kegiatan Vaksinasi dimulai oleh petugas vaksinasi kepada santri Ponpes Mawaridussalam dengan Registrasi/pendaftaran peserta.Skrinning (pengecekan tensi, cek suhu tubuh, cek riwayat kesehatan),  jika memenuhi persyaratan/kriteria maka ke proses selanjutnya.

Vaksinasi (penyuntikan vaksin), pencatatan dan observasi (pemberian kartu vaksin dan observasi 30 menit guna memantau adanya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Kapolda Sumut dan Kasdam I BB mengikuti kegiatan Video Conference Presiden RI H Ir Joko Widodo yang pada intinya Presiden mengucapkan terima kasih atas sinergitas TNI/Polri, Pemerintah setempat dalam melaksanakan kerja sama dalam kegiatan Vaksinasi terhadap masyarakat dengan tujuan agar penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir dan kegiatan Vaksinasi dilaksanakan agar kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan di setiap Pondok Pesantren.

Usai menyaksikan video Conference kegiatan kunjungan dua pejabat Utama Propinsi Sumatera Utara ini melakukan penyerahan bantuan berupa paket sembako, semen 200 sak kepada Pondok Pesantren Mawaridussalam yang diterima oleh Pimpinan Ponpes Mawaridussalam.

Dalam arahannya Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan, bahwa kegiatan vaksinasi ini merupakan kerjasama TNI / Polri dan Pemerintah setempat sesuai dengan program Pemerintah dan pelaksanaan Vaksinasi hari ini yang diarahkan khusus untuk Ponpes dan Rumah Ibadah secara serentak di seluruh wilayah.

“Semoga pelaksanaan dapat berjalan dengan optimal dengan tujuan dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 diseluruh daerah,” pungkasnya.

Usai melakukan rangkaian peninjauan, Kapoldasu dan Kasdam I/BB meninggalkan Pondok Pesantren Mawaridussalam dengan hantaran Kapolresta Deli Serdang Kombespol Yemi Mandagi Sik bersama Dandim 0204 DS Letkol Kav Jackie Yudhantara dan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan. (man)

Mungkin Anda juga menyukai