Kesbangpol Sosialisasi Deteksi Dini dan Pencegahan Gerakan Teroris Bagi Generasi Muda

Deli Serdang (medanbicara.com) -Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Deli Serdang melakukan Sosialisasi Deteksi Dini dan Pencegahan Teroris Bagi Generasi Muda Kabupaten Deli Serdang Triwulanan IV Tahun 2021, dengan mengusung tema “Menangkal Gerakan Radikalisme dan Terorisme Dalam Menjaga NKRI “, yang berlangsung di Aula Hotel SMK Negeri 1 Beringin, Selasa (14/12/2021) sekira pukul 09.00 Wib.

Dalam upaya memberikan sosialisasi deteksi dini dan pencegahan gerakan teroris bagi generasi muda, agar generasi muda khususnya di SMK Negeri 1 Beringin, memahami bahayanya teroris dan doktrin yang digunakan kepada generasi muda Indonesia untuk bergabung ke dalam organisasi teroris.

Pada sosialisasi ini sebagai narasumber Kasdim 0204 Deli Serdang Mayor inf Toto Triyanto, dan Kasat Intel AKP Syahrial Efendi Siregar SH. Hadir dalam acara Tersebut Kepala Dinas Kesbangpol Drs Haris Binar Ginting, Kasdim 0204 Deli Serdang Mayor inf Toto Triyanto, dan Kasat Intel AKP Syahrial Efendi Siregar SH, Camat Beringin Wahyu Rismiana SSTP MAP.

Pada kegiatan ini Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Deli Serdang Drs Haris Binar Ginting mengatakan, Badan Intelijen Negara, sudah mensurvei 85 persen, kaum milenial sangat rentan terpapar penyakit paham-paham radikal.

“Teroris itu bukan telor goreng diiris-iris, melainkan teroris itu adalah suatu tindakan yang radikal, tanpa memikirkan keselamatan orang lain dan itu tidak ada nilai baiknya sedikitpun dalam pandangan beragama dan berbangsa. Hiduplah rukun dalam kehidupan beragama demi bangsa dan negara yang sangat kita cintai ini,” sebutnya.

Sedangkan Camat Beringin, Wahyu Rismiana SSTP MAP menyampaikan, tetap waspada dengan kecanggihan teknologi saat ini, jadilah pioner penangkal berita-berita hoax, kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan, juga berpesan sebagai generasi muda jadilah pioner dari orang-orang yang terdekat dan juga jadilah pioner dalam menerapkan Protokol Kesehatan.

Sementara Kasdim 0204 Mayor inf Toto Triyanto memberikan materi pembelajaran umum, dan konsentrasi para siswa-siswi serta menjelaskan pentingnya pengenalan dini untuk meminimalisir generasi bangsa tentang bahayanya radikalisme dan  teroris, dengan cara menerangkan ideologi Pancasila yang telah mempersatukan Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang terdiri dari berbagai macam agama, suku, dan budaya yang bersatu menjadi Indonesia, karena  Indonesia lahir dari perbedaan.

Kasat Intel AKP Syahrial Efendi Siregar SH memberikan materi dan menjabarkan tentang arti dan bahayanya radikalisme dan terorisme untuk dipahami siswa-siswi generasi muda. “Dengan sosialisasi ini generasi penerus bangsa akan terbuka wawasan dalam mendekteksi dini gerakan teroris yang ada di sekitar mereka,” ujarnya. (man)

Mungkin Anda juga menyukai