Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Desa Denai Lama Deli Serdang, Ada Youtuber Mak Beti Bro…

Deli Serdang (medanbicara.com)- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menperekraf), H Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (9/6/2021). Kedatangan Menteri dan rombongan ini dalam rangka mengajak seluruh masyarakat untuk mengembangkan sektor wisata dan UMKM

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, H Sandiaga Salahuddin Uno dalan kunjungan ini didampingi Fachreza Sandi Putra Tenaga Ahli Menteri, Fachrul Rozi Sub Koordinator TU Menteri, Raden Bimo Dwi Lambang Ajudan Menteri, M.Irsan Santoso Staf Menteri, Trinsna Handayani Asisten Menteri dan dua youtuber Mak Beti dan Vito Sinaga.

Kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif H Sandiaga Uno dan rombongan disambut oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, Kepala BKD Provinsi Sumatera Utara H. Faisal Arif Nasution, Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, SIK, Kepala Dinas Perindustrian, dan Perdagangan Tengku M. Zaki Aufa, Asisten I, Drs Citra Effendi Capah MSP, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Heriansyah Siregar ST, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Janso Sipahutar ST, MT dan pejabat lainnya.

Kegiatan diawali saat Mak Beti dan Vito Sinaga berboncengan naik sepeda. Vito mangajak untuk mencari tempat shooting yang asyik dan menarik. Di pertengahan Mak Beti dan Vito melihat Menteri dan Kades naik Odong-odong, memberhentikan Odong-Odong Menteri lalu Mak Beti dan Vito Sinaga ikut bersama Menteri dan Kades mengunjungi Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu

Sesampainya di Balai Desa, Menteri, Kades, Mak Beti dan Vito Sinaga melakukan Prokes CHSE yang masuk ke dalam salah satu kategori penilaian ADWI 2021. Di Balai Desa rombongan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif H Sandiaga Uno disambut Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Camat serta para tamu undangan VIP.

Selanjutnya, rombongan mengunjung rumah produksi souvenir di bidang fashion dan kriya khas Desa Denai Lama, yaitu Kain Tenun, Batik Jumputan dan Kerajinan Batok Kelapa. H Sandiaga Uno mencoba mempraktekkan proses menenun dengan bimbingan ibu PKK. Setelah itu, rombongan menuju Sanggar Lingkaran menggunakan odong-odong sambil menyapa warga sekitar. Tiba di Sanggar Lingkaran, rombongan disambut dengan Pagar Bagus dan Pagar Ayu anak-anak Desa Denai Lama lalu mengunjungi anak-anak yang sedang bermain ular tangga. Irwan yang merupakan Kepala Sanggar Lingkaran menceritakan filosofi dari ular tangga raksasa berkarakter.

Sekira pukul 12.15 Wib, rombongan mengunjungi anak-anak yang sedang bermain alat musik melayu seperti Archodion, Violin dan Pakpung/Kendang. H Sandiaga Uno pun mencoba alat musik Archodion. Rombongan melanjutkan perjalanan mengunjungi kafe kopi yang menyajikan kopi arabika khas Deli.Serdang. Di sini, H Sandiaga Uno mencoba meracik kopi dan menikmati kopi arabika Deli Serdang.

Kemudian rombongan menyaksikan tarian persembahan Melayu dan H Sandiaga Uno disuguhi sirih pinang oleh salah satu penari cilik. Setelah itu rombongan menuju Agrowisata Paloh Naga menggunakan Odong-odong dan rombongan diberi caping untuk dikenakan selama perjalanan menuju Agro Wisata Paloh Naga.

Rombongan diberikan Caping untuk dikenakan selama perjalanan menuju Agrowisata Paloh Naga, para rombongan menikmati pemandangan hamparan sawah menuju Agrowisata Paloh Naga. H Sandiaga Uno pun meresmikan Pasar Tradisional Paloh Naga dengan menandatangani prasasti yang telah disiapkan. Selanjutnya rombongan berbelanja di Pasar Tradisional Paloh Naga yang disambut dengan tarian Jawa dan Batak

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, H Sandiaga Uno mengatakan, program saat ini melakukan sektor pariwisata era baru di tahun 2021.”Saat ini kita sedang mengalami Pandemi Covid 19 dan semoga Indonesia segera bangkit dari musibah ini,” sebutnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mengembangkan sektor wisata dan UMKM. Ada 1.000 lebih desa wisata di Indonesia saat ini yang akan terus di kembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Dari kehadiran artis YouTube saat ini Mak Beti dan Vito Sinaga di Desa Denai Lama ini akan meningkatkan pengunjung, karena akan menjadi daya tarik bagi masyarakat dunia maya. Ada beberapa catatan yang harus segera di perbaiki untuk meningkatkan pengunjung dari luar negeri ke depannya,” ujarnya.

Sedangkan Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan mengucapkan terima kasih Kepada Menteri Pariwisata yang kehadirannya akan memberikan dampak yang signifikan bagi Masyarakat Deli Serdang untuk berwisata.
“Dari Kunjungan Bapak Menteri di Kabupaten Deli Serdang ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat dan wisatawan lokal. Ke depannya dari kunjungan ini akan menjadi daya tarik wisatawan luar negeri di Kabupaten Deli Serdang,” ujarnya. (man)

Mungkin Anda juga menyukai