Pemkab Deli Serdang Selenggarakan Rapat Evaluasi TPID Dalam Rangka Menghadapi Natal dan Tahun Baru

Deli Serdang (medanbicara.com) -Pemkab Deli Serdang menyelenggarakan Rapat Evaluasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang dipimpin dan dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang mewakili Bupati, Darwin Zein S.Sos di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa ( 21/12/2021).

Sambutan Bupati yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, Darwin Zein S.Sos antara lain mengatakan berdasarkan roadmap pengendalian inflasi daerah Kabupaten Deli Serdang nomor 246 Tahun 2019 tentang peta jalan rencana aksi penyelenggara pengendalian inflasi daerah Kabupaten Deli Serdang tahun 2019 – 2021.

“Kita telah melakukan beberapa upaya dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan strategis melalui 4K (Keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif),” katanya.

“Beberapa tahun ini kita mengalami situasi yang tidak terduga dengan merebaknya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Deli Serdang yang sangat berdampak pada pergerakan ekonomi daerah karena kebijakan pembatasan aktivitas untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19 yang lebih tinggi, situasi yang sangat memerlukan koordinasi pengendalian inflasi melalui penguatan kerjasama  antar daerah dan multi pihak terutama dalam pemenuhan kebutuhan dan ketersediaan pangan yang bisa menjadi penyumbang utama inflasi daerah,” ungkap Sekda.

Sesuai arahan Pemerintah Provinsi dalam menyambut perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru, Sekda mengatakan bahwa Kabupaten Deli Serdang telah melakukan operasi pasar dan pasar murah untuk menjaga stabilitas harga komoditas pangan strategis demi memastikan ketersediaan dan tidak ada penimbunan.

“Mengimbau kepada agar TPID Kabupaten Deli Serdang menyusun program pengendalian inflasi yang terintegrasi di dalam RPJMD dan APBD setiap tahunnya, sehingga menurut sekda pengendalian inflasi ini dapat di jawab melalui program dan kegiatan yang ada di dinas, sehingga ketersediaan, keterjangkauan dan distribusi barang-barang pokok penyebab inflasi daerah dapat dikendalikan,”jelas Sekda.

Diharapkan kepada seluruh perangkat daerah agar ikut mencurahkan ide, gagasan dan pikirannya merumuskan langkah-langkah strategis dan teknis yang terukur, akuntabel sesuai perannya masing-masing dengan memperhatikan target yang harus diraih.

Sekretaris TPID yang juga Kabag Perekonomian dan SDA, Sri Ekayani S.Sos MBA, dalam laporannya mengatakan, kegiatan dilaksanakan untuk mengantisipasi, memantau, dan menjaga ketersediaan bahan pangan yang ada di Kabupaten Deli Serdang menjelang HBKN Natal Tahun 2021 dan Tahun baru 2022.

“Pada rapat yang kita selenggarakan pada hari ini mengambil tema “Ketersediaan stok dan stabilitas harga pangan pokok menjelang hari besar keagamaan nasional Natal 2021 dan Tahun Baru 2022″,” katanya.

Dihadiri Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumatera Utara Dr. Naslindo Sirait SE, MM, Deputi Direktur BI Kantor Perwakilan Sumatera Utara Poltak Sitanggang,Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H. Jentralim Purba SH, MH, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Putra Jaya Manalu SE, MM, , Kepala BPS Deli Serdang Ir. Sawaluddin Naibaho M.Si, Sekretaris TPID yang juga Kabag Perekonomian dan SDA Sri Ekayani S.Sos, MAB, Kepala OPD, Perwakilan Bulog dan Pertamina yang masuk kedalam TPID Deli Serdang, (man)

Mungkin Anda juga menyukai