Sampan Diterjang Ombak, Nelayan Tewas Tenggelam di Perairan Laut Pantai Labu

Jenazah korban dinaikkan ke sampan. (Ist/man)

Deli Serdang (medanbicara.com)- Hamdan (58), warga Dusun II, Desa Paluh Sibaji, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang tewas tenggelam di perairan laut di Kecamatan Pantai Labu, Jumat (19/2/2021) sekira pukul 08.00 Wib. Sedangkan tekongnya bernama Rivi Hamdani (45) selamat.

Informasi dihimpun, sebelumnya sekitar pujul 05.00 Wib, tekong kapal bernama Rivi Hamdani bersama korban berangkat dari tangkahan hendak melaut. Tiba di laut, mereka melihat ada ombak, namun mereka mencoba untuk melanjutkan perjalanan karena merasa ombak tidak terlalu besar.

Diperkirakan perjalanan sudah hampir mencapai jarak tempuh lebih kurang 2 mil dari pesisir pantai, mereka besepakat untuk menuju pulang karena ombak semakin besar. Dalam perjalanan pulang dan diperkirakan jarak lebih kurang setengah mil lagi mau menuju pantai, tiba-tiba sampan tersebut terdorong ombak sehingga korban yang merupakan Anak Buah Kapal (ABK) itu terjatuh dari sampan.

Akibat dari dorongan ombak sampan yang di nakhodai Rivi melaju sangat kencang, sehingga tidak dapat berbalik arah guna melakukan pertolongan. Dalam keadaan panik Rivi Hamdani menjerit dan minta tolong kepada nelayan terdekat yang bernama Rusli (26), warga Dusun IV (Sei Kuruk) Desa Pantai Labu Pekan, Kecamatan Pantai Labu.
Dengan menggunakan alat tangkapnya pukat layang mengevakuasi korban. Sekira pukul 08.00 Wib, jasad korban diangkat dari laut ke sampan Rivi langsung dibawa menuju Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Dengan menggunakan becak, jasad korban dibawa ke rumah duka

Sekira pukul 09.00 Wib, Ka Unit Markas Pol Airud, Ipda Turisno bersama DanKamla Pantai Labu Serma Dedy Rahmady mendatangi rumah duka, di Dusun II Desa Paluh Sibaji guna meminta keterangan. Pihak Keluarga bermusyawarah dan memutuskan agar mayat korban tidak perlu diotopsi visum, karena kejadian dianggap karena kejadian alam. Pihak keluarga dan pihak tekong akan membuat surat peryataan dan menyelesaikan secara kekeluargaan saja.

Kapolsek Beringin Polresta Deli Serdang, AKP Doni Simanjuntak SH saat dikonfirmasi membenarkan korban tewas tenggelam di laut karena sampan yang digunakannya diterjang ombak. (man)

Mungkin Anda juga menyukai