“Serli” Mampu Percepat Pelayanan Karantina Pertanian Untuk Masyarakat

Deliserdang (medanbicara.com) – Mobil Sertifikat Keliling atau Serli resmi diluncurkan Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Itjen Kementan), Jan Samuel Maringka, Sabtu (17/9) siang di kantor Balai Karantina Kelas II, Medan.

Jan Samuel memberikan apresiasi kepada Kepala Karantina Pertanian Medan, Lenny Hartati Harahap. Apresiasi diberikan karena Lenny menciptakan Inovasi mobil Sertifikat Keliling (Serli) yang akan membantu masyarakat dalam pelayanan Prima terkait sertifikasi dokumen Karantina.

“Saya apresiasi Bu Lenny. Ini luar biasa. Inovasi seperti ini yang ditunggu-tunggu masyarakat,”ujarnya usai meresmikan mobil Serli di halaman kantor Balai Karantina Pertanian Medan Jalan Dusun Lestari Desa Pasar V, Kebun Kelapa, Kec. Beringin Kab. Deli Serdang, Sabtu (17/9/2022) sore.

Jan Maringka menegaskan hadirnya Serli suatu bentuk kreativitas di mana kendaraan operasional dioptimalkan tidak hanya untuk mendukung kegiatan perkantoran saja tetapi juga memberikan dukungan untuk kegiatan layanan masyarakat.
Mobil ini diberi nama Serli yang berarti sertifikasi keliling, sehingga nantinya pelayanan-pelayanan yang terkait dengan kegiatan Karantina dapat berjalan lebih cepat dan langsung ke tempat-tempat tertentu.

“Kita berharap ini adalah Serli pertama dan nantinya akan ada pembagian wilayah berkaitan dengan kegiatan usaha baik UKM maupun komersil lainnya,” ucap Maringka.

Mobil Serli ini, lanjut Jan Maringka, adalah salah satu bentuk nyata program Kementan yaitu Gratieks (Gerakan tiga kali ekspor) sehingga baik tumbuhan maupun hewan yang akan dikirim atapun yang akan masuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik.

“Luar biasa Inovasi Karantina Medan,”Pungkasnya disambut tepuk tangan pegawai dan rombongan Kementan.

Dia juga mengapresiasi setiap ruang pelayanan di Karantina Medan. Mulai ruang counter pelayanan, ruang Klinik ekspor, ruang Podcast, Laboratorium dan Coffee bagi masyarakat.

“Tadi fungsi setiap ruangan sudah dijelaskan ibu Lenny. Ruangannya nyaman untuk masyarakat,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Karantina Pertanian Medan, Lenny Hartati Harahap menjelaskan hadirnya mobil Serli untuk melayani pengurusan Administrasi secara sistem online juga.
Ada juga laboratorium mininya. Serli juga difungsikan untuk komoditas yang loris, sehingga pemeriksaan Lab mininya hanya sekitar makrosofis. Serli ini lebih diperuntukan untuk Tiki, Shopee ataupun JNE.

“Tidak perlu datang jauh-jauh ke Kantor Karantina Kualanamu,”ujar wanita berhijab ini.

Untuk titiknya, Lenny mengatakan, mobil Serli ini nantinya akan di tempatkan di lokasi-lokasi tertentu, seperti di Jalan Monginsidi, dengan Istana Maimun dan Amplas. Kami berusaha memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada Bapak Jan Samuel Maringka yang telah berkunjung dan meresmikan mobil Serli di Karantina Medan,”ujar Lenny.

Kunjungan kerja Itjen Kementan dan rombongan disambut tor-tor oleh Pegawai Karantina Pertanian Medan. (rel/za)

Mungkin Anda juga menyukai