Tim Supervisi Provsu Akan Kunjungi Desa-Desa di Deli Serdang

Deli Serdang (medanbicara.com) – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab), Drs Citra Effendi Capah MSP menerima Tim Supervisi Desa Pelaksana Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Hatinya PKK dan IVA Test, Kesrag PKK, Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), dan Posyandu tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Tahun 2022 di Balairung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Lubuk Pakam, Rabu (25/5/2022).

Dalam sambutannya, Asisten I menyebutkan  kedatangan tim supervisi bertujuan untuk mengamati secara langsung situasi dan kondisi riil dari setiap desa yang dikunjungi sekaligus juga untuk menemukan potensi pada desa-desa yang dikunjungi serta keberhasilan dan kekurangan yang harus dibenahi untuk penyempurnaannya ke depan. 

Pada tahun ini, tim supervisi Sumatera Utara memfokuskan supervisinya pada desa/kelurahan.

“Pelaksana tertib administrasi PKK, PAAR, UP2K, PHBS PKK hatinya PKK,  IVA Test, karenanya saya berharap kepada seluruh masyarakat yang akan disupervisi agar mempersiapkan dan memenuhi desanya masing-masing serta kepada seluruh lintas sektoral, selaku anggota dan pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten agar lebih proaktif melakukan pemantauan dan pembinaan melakukan aksi-aksi nyata,” kata Asisten I.

Melalui pendampingan di setiap desa, Asisten I berharap tim supervisi bisa member masukan, ide, saran, gagasan dan pengetahuan kepada seluruh masyarakat desa yang dikunjungi agar termotivasi untuk mengembangkan desanya masing-masing.

“Sebuah potensi yang dimiliki inilah harapan yang bisa kami sampaikan. Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini mendatangkan kebaikan sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Deli Serdang,” ucap Asisten I. 

Acara pun dilanjutkan dengan ekspose kegiatan 10 Program Pokok PKK oleh Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang, Ny Hj Yunita Ashari Tambunan.

Setelah itu, Nirman Nasution, dari Tim Supervisi Provinsi Sumatera Utara, tahun 2021 lalu, supervisi tidak bisa terlaksana karena dampak pandemi Covid-19. Dan tahun ini, supervisi bisa kembali berlangsung secara tatap mukam

“Perkembangan kegiatan PKK telah mengalami beberapa perubahan sejak keluarnya Peraturan Presiden (Perpres) No.99 tahun 2017, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.36 tahun 2020 serta hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 9 tahun 2020, tentunya banyak hal yang berubah dan harus kita sikapi secara menyeluruh dan terintegrasi serta terkolaborasi,” jelasnya. 

PKK, jelasnya lagi, sebagai salah satu lembaga kemasyarakatan desa baik dan kelurahan melalui 10 Program Pokok PKK dengan sistem rentang kendali yaitu 1, 3, 6, 9, 12, demi perubahan.

Pembinaan supervisi meliputi bidang kelembagaan, administrasi dan kelompok kerja yang mengelola 10 Program Pokok PKK dan berbagai perubahan program kerja menyesuaikan dengan kondisi yang berkembang serta terkait berbagai jenis lomba dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK, yaitu tertib administrasi pola asuh anak dan remaja usaha peningkatan pendapatan keluarga pemanfaatan lahan pekarangan serta Iva.

Kemudian dalam rangka Hari Keluarga yaitu Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Posyandu perilaku hidup bersih dan sehat serta lingkungan. 

Kegiatan dilanjutkan dengan membentuk empat kelompok diskusi dan diberikan arahan dari setiap kategori yang akan dilombakan. Tim supervisi memberikan masukkan dan materi kepada seluruh peserta lomba, agar setiap desa dan kelurahan dapat menciptakan inovasi-inovasi baru. 

Hadir dalam acara, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang Ny Hj Sri Pepeni M Ali Yusuf Siregar, Ketua Darma Wanita Persatuan Deli Serdang Ny Herawati Darwin Zein, Kadis Kesehatan Deli Serdang dr Ade Budi Krista, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Dra Hj Rabiatul Adawiyah Lubis MPd, Kadis PMD Drs Khairul Azman MAP, Camat Percut Sei Tuan Ismail SSTP MSP, Camat Labuhan Deli Edy Syahputra Siregar SSTP MAP, Sekcam STM Hilir M Azizurrahman SSTP MAP, Camat Patumbak Drs Syahdin Setia Budi Pane, Camat Bangun Purba Raden Mewah Ristanto SSTP, Camat Lubuk Pakam Danang Purnama Yuda SSTP MAP, Camat Hamparan Perak Jahar Efendi SSos MAP, Camat Galang M Faisal Nasution SSTP MAP, dan perwakilan Kader PKK se-Kabupaten Deli Serdang. (man)

Mungkin Anda juga menyukai