Wabup Deli Serdang Buka Rakor Pelaksanaan Fungsi Monitoring & Evaluasi serta Program Kerja TPAKD

Deli Serdang (medanbicara.com) -Wakil Bupati Deli Serdang HM. Ali Yusuf Siregar membuka Rapat Koordinasi ( Rakor) membahas pelaksanaan fungsi monitoring dan evaluasi serta program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Deli Serdang Triwulan III serta melaunching Website TPAKD Kabupaten Deli Serdang. Bertempat di Balairung Pemkab Deli Serdang, Kamis (30/9/2021). Acara ini ditandai dengan penekanan tanda enter pada laptop pada saat melaunching Website TPAKD Kabupaten Deli Serdang 

Turut hadir, Kepala Biro Perekonomian Setdaprovsu Dr. Naslindo Sirait, SE.,MM., Deputi Direktur Manajemen Strategi dan Kemitraan Pemerintah Daerah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Region V Sumbagut  Andi Yusuf,mewakili Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut  A. Fajar Setiawan (melalui Virtual), Sekda Darwin Zein S.Sos, Staf Ahli H. Jentralin Purba beserta Kepala OPD, Perwakilan Perbankan dan PT. Pegadaian yang termasuk dalam Kepengurusan TPAKD Kabupaten Deli Serdang,

Dalam Sambutannya, Wakil Bupati Deli Serdang HM. Ali Yusuf Siregar mengatakan bahwa dalam rangka pencapaian target inklusi keuangan nasional yang ditetapkan sebesar 90% pada tahun 2024, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) secara aktif telah mengimplementasikan berbagai program kerja inklusi keuangan baik yang diinisiasi oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Deli Serdang menurun dari tahun sebelumnya yaitu sebesar -1,78% hal ini tentunya adalah imbas dari pandemi covid-19 yang tersebar di seluruh dunia termasuk Deli Serdang untuk itu diperlukan program kerja yang dapat mendorong pemulihan ekonomi daerah dengan berbagai penguatan potensi unggulan di daerah dan selaras dengan program tematik TPAKD.

Berbagai program kerja yang telah ditetapkan sesuai arah rancangan program TPAKD Kabupaten Deli Serdang antara lain adalah program UMKM Go Digital, UMKM Naik Kelas, Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR), Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR), Laku Pandai, Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS), dan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Yang akan terus dilakukan evaluasi terkait realisasi program dari masing – masing perangkat daerah.

Memasuki era new normal pasca Covid-19 saat ini, diperlukan inovasi yang relevan terutama dalam hal meningkatkan digitalisasi produk dan layanan inklusi keuangan daerah, adapun salah satu program tematik tim percepatan akses keuangan daerah tahun 2021 yaitu dengan meluncurkan Website TPAKD Kabupaten Deli Serdang yang berfungsi sebagai edukasi literasi inklusi keuangan dan efisiensi kinerja tim TPAKD Kabupaten Deli Serdang sehingga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait model bisnis dari suatu program kerja dan ekosistem program kerja TPAKD Deli Serdang.

Harapan TPAKD diharapkan mampu menumbuhkan sinergi yang positif antar pemangku kepentingan di daerah, dan mampu mendorong kemandirian serta pengembangan sektor-sektor strategis ekonomi domestik melalui peningkatan peran sektor jasa keuangan, sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan terus bekerjasama dan bersinergi bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi di deli serdang, yang akhirnya akan memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Deli Serdang.

Sebelumnya, Kabag Perekonomian dan SDA  yang juga Sekretaris TPAKD Kabupaten Deli Serdang, Sri Ekayani S.Sos.,MAB,. melaporkan tujuan dari Rapat Koordinasi TPAKD Triwulan III Kabupaten Deli Serdang bertujuan untuk mensinkronisasikan dan me-review target triwulan III dan membahas rencana tindak lanjut Triwulan IV, bersamaan juga dengan launching website TPAKD Kab. Deli Serdang sesuai dengan surat Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang Nomor: 500/570 Tanggal 16 Februari 2021 Perihal Penyampaian Program Kerja TPAKD 2021 Kabupaten Deli Serdang, dimana Kabupaten Deli Serdang telah menetapkan 5 Program yaitu ; UKM Go Digital , UMKM Naik Kelas , One village One Agent, Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) dan Penguatan Kapasitas dan Kinerja TPAKD.

Rapat koordinasi Triwulan III Tahun 2021 TPAKD Kabupaten Deli Serdang dilaksanakan pada Hari Kamis Tanggal 30 September 2021 ,bertempat di Balairung Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dengan agenda Pembahasan dalam Rapat ini adalah Capaian Target Triwulan III TPAKD Kab. Deli Serdang, Rencana Tindak Lanjut dan  kendala yang dihadapi dalam realisasi target, Launching Website TPAKD Kabupaten Deli Serdang. (man)

Mungkin Anda juga menyukai