Wabup Deli Serdang Sambut Kunjungan Tim Evaluasi PTP2W-KSS

Deli Serdang (medanbicara.com) – Kunjungan Tim Evaluasi Pelaksanaan Terbaik Desa Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita  Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (PTP2W- KSS) Tingkat Provinsi Sumatera Utara  disambut langsung  oleh Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar,yang dipusatkan di Desa Bukum Kecamatan Sibolangit, Kamis (11/11/2021).

Hadir Ketua Tim Penilai PT.P2W-KSS Provinsi Sumatera Utara Marzuki beserta anggota Tim Penilai Evaluasi, Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar beserta anggota, Kadis PMD Drs. Khairul Azman MAP, Para Pimpinan OPD terkait, Camat Sibolangit Febri Efenetus Gurusinga, SSTP, M.SP beserta Muspika, Kepala Desa Bukum Kombri Martinus Tarigan beserta Penggiat PKK.

Dalam sambutannya Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat untuk penanggulangan, peningkatan peran perempuan dalam pembangunan Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Keluarga Sehat Dan Sejahtera (PTP2W-KSS).

Lanjut Wabup, Program ini juga dapat mengembangkan SDM dan SDA serta lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia untuk pembangunan masyarakat dengan perempuan sebagai penggeraknya.

“ TIM PT-P2W-KSS bertujuan guna mengukur sejauh mana peningkatan kualitas hidup perempuan pada aspek pendidikan, kesehatan, terutama bagi keluarga di Desa sebagai program terpadu untuk peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera,” kata H.M.A Yusuf Siregar sebelum mengakhiri sambutannya.

Sementara Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar menjelaskan bahwa, setelah Desa Bukum ditetapkan menjadi Desa PT.P2W-KSS sesuai dengan SK Bupati Deli Serdang Nomor 221.A Tahun 2018, Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang bersama-sama dengan Dinas/Instansi Kabupaten Deli Serdang melaksanakan kegiatan berupa pelatihan, penyuluhan, pengobatan dan pemberian bantuan dalam rangka pengentasan rawan pendidikan, rawan kesehatan dan rawan ekonomi melalui warga binaan PT.P2W-KSS Desa Bukum.

Selanjutnya, Pemerintah Desa dan Tim Penggerak PKK Desa juga turut memfasilitasi kegiatan dari warga binaan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (PT.P2W-KSS).

Hal senada juga dikatakan Ketua Tim Penilai PT. P2W-KSS Provinsi Sumatera Utara Marzuki, bahwa tujuan evaluasi pelaksana terbaik Desa/ Kelurahan PT. P2W – KSS, adalah suatu cara koordinasi dan komunikasi antara Tim Penggerak PKK dan Anggota Pembina PKK untuk penyamaan persepsi tentang metode peningkatan keberdayaan dan kesejahteraan keluarga miskin khususnya rawan ekonomi, pendidikan dan kesehatan serta sarana dan prasarana lingkungan tempat tinggal dengan tujuan mempercepat peningkatan kesejahteraan bagi penduduk miskin di perdesaan yang terpencil dan terisolir.

“Oleh karena itu, pemberdayaan masyarakat harus dimulai dari keluarga dan apabila keluarga telah berdaya maka berdayalah masyarakat. Masyarakat yang berdaya berarti masyarakat telah mampu mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya serta mampu memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, sehingga terwujudlah kesejahteraan keluarga atau masyarakat secara mandiri.Melalui evaluasi ini tambahnya, bahwa penilaian bukan akhir dari pembinaan dan pekerjaan, Tim hanya memberikan semangat dan motivasi serta perhatian dari apa yang telah dikerjakan selama ini, jangan jadikan penilaian ini tujuan utama, tetapi mensejahterakan dan meningkatkan kesehatan, pendidikan serta perekonomian warga itu yang utama,” pungkasnya. (man)

Mungkin Anda juga menyukai