Wakil Bupati : PM Tabagsel Harus Beri Warna & Manfaat Ditengah-tengah Masyarakat

Deli Serdang (medanbicara.com) -Wakil Bupati Deli Serdang yang juga Ketua Umum PM Tabagsel (Parsadaan Masyarakat Tapanuli Bagian Selatan) Kabupaten Deli Serdang melantik dan mengukuhkan Delapan Pengurus Kecamatan PM Tabagsel  dan Wanita Tabagsel Kabupaten Deli Serdang di Wing Hotel Kuala Namu, Kecamatan Batang Kuis, Sabtu (18/12/2022).

Turut dihadiri, Wakil Ketua TP. PKK Deli Serdang Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar,  Anggota DPRD Sumatera Utara Marajaksa Harahap, Tokoh masyarakat yang juga guru besar Universitas Negeri Medan (UNIMED) Prof Dr Hasratuddin Siregar M.Pd , Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM. Drs. H Hasbi Nasution, Para Kepala OPD, Kabag dan Camat Se-Deli Serdang, Kakan Kemenag Deli Serdang Drs. Abdul Haris Harahap M. AP, Tokoh Masyarakat Padang Lawas Utara Mustafa Kamal, Tokoh Masyarakat Padang Sidempuan Zuhum Siregar, Ketua Panitia Dr. Tikwan Siregar,.

Pelantikan dihadiri Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Hj.Sri Pepeni Yusuf Siregar, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs.H.Hasbi Nasution, Dewan Penasehat PM Tabagsel Deliserdang HM Husni Siregar, tokoh masyarakat Tabagsel yang juga Guru Besar Unimed Prof Dr Hasratuddin Siregar,MPd, Mustafa Kamal Harahap, tokoh masyarakat Padang Sidempuan Juhum Siregar, anggota DPRD Sumut Mara Jaksa Harahap, Kakan Kemenag Deliserdang Abdul Haris Harahap, Ketua Wanita Tabagsel Deliserdang Rahma Hastuti Sihombing,Spd,MSi, Kadis Koperasi dan UKM Deliserdang Hj.Rabiatul Adawiyah Lubis, Kadis Kominfo Dr Dra Hj Miska Gewasari,MM dan para Camat.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar mengatakan Kabupaten Deli Serdang memiliki beragam aneka budaya penuh dengan kekayaan dan keanekaragaman, ras, bahasa daerah, suku bangsa dan agama. Tentunya untuk memelihara serta mempertahankan dibutuhkan peran dari seluruh lapisan masyarakat yang salah satunya dengan berdirinya Parsadaan Masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (PM Tabagsel).

“ PM Tabagsel merupakan organisasi dan wadah berkumpulnya masyarakat Tapanuli Bagian Selatan memang bukan berarti organisasi ini mengeksklusifkan diri sebagai wadah yang terbatas kepada masyarakat Tabagsel saja akan tetapi harus terbuka kepada setiap anggota masyarakat sehingga tidak terkesan primordial dan menjadi wadah yang dapat mengayomi siapa saja dengan begitu PM Tabagsel akan memberi warna dan bermanfaat ditengah-tengah masyarakat khususnya di Kabupaten Deli Serdang,” jelas Wabup

Lanjut Wabup, Parsadaan Masyarakat Tapanuli Bagian Selatan merupakan organisasi perkumpulan yang dibentuk 19 tahun lalu dengan tujuan merekatkan tali silaturahmi masyarakat Tabagsel yang berada di Kabupaten Deli Serdang sekitarnya. Untuk itu, pelantikan pengurus PM Tabagsel 8 Kecamatan dan 1 pengurus Wanita Tabagsel Deliserdang mengambil tema “Rahut Ni Marga, Rahut Ni Muda” yakni dipertemukan dikarenakan hubungan marga dan ikatan darah.

Wakil Bupati mengajak para pengurus PM Tabagsel bersama-sama mempertahankan dan memelihara agar seni dan budaya Tabagsel tidak hilang ditelan zaman oleh derasnya arus globalisasi. Saya mengajak warga Tabagsel Deliserdang menjaga dan melestarikan seni budaya Tabagsel yang telah diwariskan oleh leluhur”ajak Yusuf Siregar.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan kegiatan yang cukup penting dalam memanfaatkan organisasi ini ke depan selain sebagai momentum pelantikan pengurus PM Tabagsel Kecamatan dan Wanita Tabagsel Deli Serdang sekaligus menjadi momen silaturahmi untuk memperkaya dan memperluas wawasan tentang arti kebersamaan.

Atas nama Wakil Bupati Deli Serdang , saya  mengucapkan selamat kepada pengurus PM Tabagsel 8 Kecamatan dan 1 pengurus Wanita Tabagsel Deli Serdang yang dilantik.

“Mudah-mudahan dapat lebih eksis berkiprah sesuai dengan garis tujuan yang telah ditetapkan sekaligus dapat memberi kontribusi yang sangat berarti bukan hanya bagi kelangsungan kehidupan organisasi tetapi lebih dari itu bagi percepatan pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Deli Serdang”, pungkasnya

Sebelumnya, Anggota DPRD Sumatera Utara Mara Jaksa Harahap dalam sambutannya mengapresiasi kiprah PM Tabagsel Deli Serdang dan akan membesar di Sumatera Utara, mudah-mudahan kiprah PM Tabagsel Deliserdang turut mewarnai perjalanan pembangunan di Deliserdang sehingga memberikan manfaat yang besar khususnya di Kabupaten Deli Serdang. 

“Kita harus lebih bersatu agar kita kuat dan besar sehingga dihargai orang lain. Kita bukan kompetitor tetapi dalam agama mengajarkan kepada kita untuk fastabiqul khairat berlomba-lomba saling menunjukkan yang terbaik bukan saling memperkecil diantara kita,” harapnya.

Laporan Ketua Panitia pelantikan Dr. Tikwan Siregar,MPd,menjelaskan pelantikan yang dilaksanakan pada hari ini  bertujuan menjalin kebersamaan  dan silaturahmi untuk melestarikan seni budaya dan adat istiadat masyarakat Tabagsel. Adapun pengurus PM Tabagsel 8 Kecamatan yang dilantik masing-masing Kecamatan Lubuk Pakam, STM Hilir, Namorambe, Patumbak, Delitua, Sunggal, Pagar Merbau dan Pancur Batu serta 1 pengurus Wanita Tabagsel Deli Serdang.

Peserta pelantikan berjumlah 200 orang terdiri dari 140 pengurus PM Tabagsel 8 Kecamatan dan 60 orang pengurus Wanita Tabagsel Deli Serdang dan sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan. (man)

Mungkin Anda juga menyukai