Warga Sei Karang Demo, Minta Kades Dicopot, Ini Alasannya…

Deli Serdang (medanbicara.com)-Sekitar tujuh puluhan orang warga Desa Sei Karang, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, melakukan aksi demo dengan mendatangi Kantor Kepala Desa Sei Karang, Senin (27/07/2020) pagi.

Warga melakukan aksi protes menyusul akibat dipecatnya sejumlah perangkat desa oleh Kepala Desa Sei Karang, Muhamad Nuh secara semena-mena, karena dianggap tidak sepaham dengan kemauan Kepala Desa.

Randi, salah seorang warga yang mengikuti aksi demo mengatakan, mereka menuntut agar Bupati Deli Serdang menonaktifkan Kepala Desa Sei Karang, Muhamad Nuh karena sudah berlaku semena-mena terhadap sejumlah perangkat desa.

“Kepala Desa satu per satu memecat aparatur desa dari Bendahara, Sekdes, Kaur Pemerintahan dan Kaur Pelayanan karena tidak sepaham, juga terkait proyek pengelolaan Dana Desa yang mana Kades ingin mengelola sendiri tidak mau melibatkan perangkat desa dalam pelaksanaannya dengan alasan tidak percaya terhadap perangkat desanya dan Kepala Desa juga kerap meminta Uang Dana Desa dari Bendahara tanpa memakai kwitansi keperluan, oleh karena itu Bendahara menolaknya dan dianggap tidak patuh hingga dipecat,” ucap Randi.

Puluhan warga melakukan orasi sambil mengusung poster bertuliskan pecat Kepala Desa Muhamad Nuh dan kecaman lainnya.

Aksi warga ini berjalan tertib dengan pengawalan petugas Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Sei Karang. Usai melakukan orasi dan menyampaikan aspirasi mereka pun membubarkan diri, namun menyebutkan akan melakukan aksi di Kantor Bupati Deli Serdang terkait mendesak pencopotan jabatan Kepala Desa Sei Karang ke Kantor Bupati Deli Serdang, Rabu (29/7/2020) nanti.

Camat Galang, Marzuki ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (27/7/2020) mengatakan, seharusnya warga tidak melakukan demo dan ke depankan musyawarah.

“Seharusnya warga tidak harus mendemo Kepala Desa Sei Karang, dan kita ke depankan musyawarahlah dan lagi masalah Dana Bumdes dan Dana Desa di Sei Karang itu kan sudah sampai ke Polresta Deliserdang,” jelas Marzuki.

Terkait aksi warga ini Kepala Desa Sei Karang Muhamad Nuh masih belum memberikan klarifikasi pada wartawan. (man)

Mungkin Anda juga menyukai