Wartawan Dilarang Liputan Pisah Sambut Kapolresta Deli Serdang


Deli Serdang (medanbicara.com) -Wartawan Polresta Deli Serdang dilarang meliput kegiatan pisah sambut Kapolresta Deli Serdang baru yang digelar di aula terbuka Polresta Deli Serdang Kamis, (23/12/2021).

Serahterima jabatan dilakukan dari Kombes Pol Yemi Mandagi kepada AKBP Irsan Sinuhaji. Wartawan yang hendak masuk ke area Polresta Deli Serdang bahkan sudah ada yang dicegat oleh petugas penjagaan di pos utama. 


“Kenapa nggak diperbolehkan masuk melihat acara pisah sambut? Adanya masyarakat umum yang diundang tapi dibilang acara internal saja sama personil yang dipintu pos. Disuruh menghubungi Humas dulu kalau mau masuk,” ucap Hulman Situmorang salah satu wartawan.


Sekitar 8 orang wartawan lain sempat mendekati area aula terbuka Polresta Deli Serdang. Begitu tampak kehadiran wartawan, personil Propam Polres Deli Serdang pun langsung bangkit dari tempat duduknya. 


Ketika itu Kasi Propam Polresta, Iptu Elkana langsung mendekati wartawan sementara satu orang anggotanya langsung menuju ke barisan bagian Humas Polresta untuk melaporkan kehadiran wartawan. “Aduh….nggak boleh ke sini, minta tolong lah. Ini perintah pimpinan. Tolong lah bang, kami tugasnya,” ucap Elkana. 
Saat ditanyai apa yang menjadi alasan, Elkana pun tidak bisa menjawab selain karena perintah pimpinan. Ia tidak bersedia menyebutkan siapa pimpinan yang menyuruh dan melarang wartawan masuk. “Nanti sama Humas saja kalau berita-berita. Tolong kalilah bang, minta tolong kali lah ya,” kata Elkana.

 
Karena mendapat kabar wartawan sudah datang dan mendekati lokasi acara Humas Polresta Deli Serdang, Ipda Gabe J Napitupulu sempat menemui awak media. Pada saat itu momennya Kombes Pol Yemi Mandagi sedang menyampaikan kata sambutan didampingi istrinya di depan tamu undangan termasuk para personil. “Orang Kominfo pun nggak diperbolehkan foto-foto. Nanti berita dari kami saja. Nggak usah berdebatlah kita bang kenapa nggak boleh,” ucap Gabe. 


Dari amatan, ada lebih dari seratus orang yang hadir mengikuti acara pisah sambut Kapolresta di aula terbuka Polresta Deli Serdang. Saat itu selain tokoh agama dan tokoh masyarakat hadir juga beberapa pejabat mulai dari Wakil Bupati Deli Serdang, M Ali Yusuf Siregar dan Ketua DPRD Deli Serdang, Zakky Shahri. 
Para tamu undangan duduk dibagian depan sementara personil Polri duduk dibagian belakang. Sementara itu gerbang utama Polresta Deli Serdang saat acara ditutup rapat. (man)

Mungkin Anda juga menyukai