Plt Bupati Labuhanbatu bersama Ketua Baznas saat memberikan bantuan kepada warga Pangkatan. (ist)
Loading...

RANTAUPRAPAT (medanbicara.com)-Plt Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN), pengusaha perkebunan dan pihak swasta yang ada di Labuhanbatu mengumpulkan zakatnya ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

“Tahun ini Pemkab akan membuat regulasi kepada para pengusaha perkebunan dan pihak swasta, kiranya dapat mengumpulkan zakatnya di Baznas, saya tidak mau dengar ada uang Baznas yang tidak jelas kemana perginya, saya menginginkan Baznas harus jelas dan transparan,” ucap Plt Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT, saat menyalurkan bantuan kepada masyarakat bersama Baznas di Kecamatan Pangkatan, di lapangan PT Pangkatan Indonesia, Jumat (3/3/2019).

Andi Suhaimi juga menyampaikan bahwa Baznas adalah lembaga yang mengelola zakat secara nasional dan sudah diatur dalam Undang-Undang No 23 Tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah No 14 Tahun 2014. Pemkab Labuhanbatu telah memberikan surat edaran kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dapat menyalurkan zakat ke Baznas.

Kemudian Andi Suhaimi Dalimunthe, tetap optimis untuk mengurangi kemiskinan di Kabupaten Labuhanbatu, melalui trobosan baru dari Baznas.

“Baznas ke depannya semakin berkembang dan amanah dalam menyalurkan bantuan-bantuan kepada masyarakat tidak mampu,” harap Andi Suhaimi.

Selanjutnya, Andi Suhaimi mengingatkan kepada Ketua Baznas, bahwa satu rupiah pun uang ini tidak boleh dipakai untuk kepentingan pribadi.

“Saya punya tanggung jawab untuk melindungi uang tersebut, saat ini adapun uang yang terkumpul di Baznas sebesar Rp2.100.000.000,” katanya.

Diungkapkannya tahun 2019 Pemkab memiliki program pemberian dana hibah ke Panti Asuhan se-Labuhanbatu masing-masing sebesar Rp50.000.000,- pesantren sebesar Rp100.000.000 dan dana hibah untuk ibadah umroh.

“Kita telah melakukan bedah rumah sebanyak 2 unit, saya juga sudah mendesain tanah di sekitaran SMA Negeri 3 yang sudah lama tidak dikelola, di situ akan kita buat taman cerdas untuk para murid menimba ilmu, dan juga ada sarana olahraga, serta kolam renang, semoga Labuhanbatu semakin maju ke depannya,” tegas Andi Suhaimi Dalimunthe.

Pada kesempatan itu, Andi Suhaimi menyampaikan, 18 Maret 2019 Menteri Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu, guna mewujudkan rencana pembangunan bandara yang ada di Aek Nabara.

Sementara itu, Ketua Baznas Labuhanbatu, Erwin Siregar SH menjelaskan ada 5 program yang sesuai dengan Baznas Provsu, yakni program Labuhanbatu sejahtera dan makmur dengan memberikan modal usaha kepada 270 keluarga fakir miskin, selanjutnya program pendidikan kepada 600 siswa miskin, program Labuhanbatu sehat, dan program kemanusiaan.

Kegiatan tersebut diwarnai dengan pemberian bantuan kepada 60 orang fakir dan 280 orang miskin dengan masing-masing menerima sebesar Rp300.000 dan Rp250.000. Bantuan renovasi rumah kepada Muis Ritonga, warga Desa Alur Naga Kecamatan Pangkatan sebesar Rp10.000.000.

Kemudian, bantuan kesehatan kepada Irwanto sebesar Rp1.000.000, bantuan 5 siswa tingkat SMA masing-masing Rp300.000, 6 siswa SMP masing-masing Rp250.000, 12 orang siswa SD masing-masing Rp200.000, terakhir bantuan kepada 6 orang bilal mayit masing-masing Rp200.000, dengan total dana bantuan yang disalurkan sebesar Rp103.400.000.

Untuk 8 kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, Baznas Labuhanbatu akan melaksanakan hal yang serupa seperti yang terlaksana di Kecamatan Pangkatan, semua kecamatan akan diproses dan disalurkan oleh Baznas Kabupaten Labuhanbatu sesuai dengan kemampuan kas serta keadaan di lapangan. (sah)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY