Deepavali Menyatukan Masyarakat Madani Dan Religius

Seorang wanita keturuan India suku tamil menampilkan tarian Bardhenatyem dalam perayaan festival deepavali/byma  

 

MEDAN(medanbicara.com)-Ribuan masyarakat Kota Medan menghadiri festival deepavali yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Hindu Darma Indonesia (PHDI) Medan di jalan Gatot Subroto, Kelurahan Sekip, Kecamatan Medan Petisah, Sabtu (28/10) malam.

Berbagai tarian ditampilikan pada perayaaan deepavali, terutama tarian Bardhenatyem.

Ketua Panitia Saga melalui Sekertarisnya, Mathavan Riswan mengatakan, perayaan ini digelar dalam rangka menyambut festival deepavali 5119 kaliyuga. Dimana, pada tahun ini PHDI Kota Medan bekerjasama dengan Pemko Medan ingin menyatukan perbedaan masyarakat madani dan religius di kota Medan.

“Selain itu, PHDI berharap kedepannya perayaan ini menjadi agenda tiap tahun. Dimana, nantinya kita tetap bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Kota Medan,”katanya.

Dikatakannya ,festival deepavali merupakan pesta cahaya. Dimana, merupakan hari besar bagi umat hindu yang diikuti dari 32 Kecamatan diKota Medan. Dalam perayaan ini beberapa tarian adat Melayu juga ditampilkan untuk menyambut kedatangan Walikota Medan.

Dia berharap, digelarnya festival deepavali ini kedepannya masyarakat dapat menjalani hubungan silahturami dengan baik,agar Kota Medan menjadi kota Madani dan religius,”pungkasnya.

Dari pantauan medanbicara.com dalam perayaan tersebut turut hadir Walikota Medan Dzulmi Eldin,selain itu perayaan itu juga diwarnai antusiasme masyarakat Kota Medan,suasana pun tampak meriah ribuan masyarakat dihibur dengan berupa tari-tarian adat yang berasal dari India.(byma)

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai