Berkat Bobby Nasution, Terungkap Medan Juga Unggul Dalam Produksi Sepatu

Medan (medanbicara.com) – Kepemimpinan Bobby Nasution sebagai Wali Kota Medan memberikan banyak manfaat dan berkah bagi masyarakat, termasuk pelaku usaha konveksi sepatu di kawasan Jalan Menteng Raya, Kecamatan Medan Denai. Berkat kebiasaannya yang kerap turun langsung ke lapangan menemui warga, terungkap bahwa Kota Medan ternyata unggul dalam produksi sepatu.

 “Saya mendapat informasi di kawasan ini ada 8 pelaku usaha konveksi sepatu. Saya minta, gabungkan mereka dalam satu koperasi sehingga bisa masuk dalam E-Katalog Pemko Medan. Dengan demikian, pengadaan sepatu dinas nantinya bisa menggunakan produk pelaku UMKM,” kata Bobby Nasution saat meninjau lokasi usaha konveksi sepatu baru-baru ini.

  Tidak itu saja,  sebagai bentuk dukungannya terhadap pelaku UMKM, suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu ini minta kepada pelaku UMKM untuk menyampaikan apa yang menjadi keluhan mereka selama ini dalam menjalankan usaha di konveksi sepatu. “Apa yang kurang dari Pemko Medan selama ini, Pak? Sampaikan saja, sehingga kami tahu apa yang menjadi kebutuhan dan keluhan pelaku konveksi sepatu,”  ungkapnya.

Agus, salah seorang pelaku UMKM konveksi sepatu pun mengungkapkan,  mereka saat ini sangat membutuhkan mesin press sepatu.  Selama ini, jelasnya, mereka masih menggunakan peralatan manual. Tidak lupa, atas kepedulian Bobby Nasution, dirinya juga mengucapkan terima kasih karena  telah memberi perhatian bagi pelaku usaha konveksi sepatu.

Kadis Koperasi dan UKM Kota Medan Benny Nasution saat dihubungi, Rabu (30/3) memaparkan, apa yang diinstruksikan Wali Kota segera ditindaklanjuti. Senin (4/4) depan, jelas Benny, Dinas Koperasi dan UKM  akan menyerahkan bantuan yang dibutuhkan para pelaku UMKM tersebut. “Insya Allah Senin depan, kita akan menyerahkan bantuan sesuai yang dibutuhkan pelaku UMKM,” jelas Benny Nasution.

Dengan terungkapnya Kota Medan ternyata unggul dalam produksi sepatu dinilai dosen Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Darma Agung Medan Dr Aswan Jaya SH MKom.I, sebagai wujud Bobby Nasution memiliki komitmen yang kuat dalam memperhatikan pelaku UMKM. Jika selama ini tidak terlihat, jelas Aswan, justru Bobby Nasution kini membuka jendela guna memperlihatkan potensi daerah yang dimiliki.

“Terungkapnya Kota Medan ternyata memiliki produk unggulan dalam pembuatan sepatu, jelas ini dikarenakan Bobby Nasution memiliki kebiasaan turun langsung ke lapangan untuk melihat, menyapa dan mendengar langsung masukan masyarakat,” ujar Aswan Ketika dihubungi, Senin (28/3).

Selanjutnya  Aswan menambahkan, sebagai masyarakat, ia  juga  mengaku bersyukur Kota Medan dipimpin seorang Wali Kota yang memiliki komitmen serius dalam melindungi pelaku usaha di tengah arus globalisasi yang semakin liberal. “Tanpa dukungan dan perlindungan dari pemerintah, tentunya pelaku usaha rakyat akan sulit menembus pasar yang semakin kompetitif,” timpalnya.

  Apalagi dengan masuknya sepatu hasil produk UMKM dalam E-catalog Pemko Medan dan adanya komitmen pengadaan sepatu dinas akanmenggunakan hasil produk UMKM, bilang Aswan, tentunya produk-produk home industry  tersebut akan mendapat pasar sekaligus berkesempatan mempromosikan hasil produknya secara gratis.

    “Harapan kita sebagai masyarakat, bahwa kebijakan ini dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan karena kebijakan Pak Bobby sebagai Walikota merupakan cerminan dari implementasi nilai-nilai Pancasila,” terangnya mengakhiri. (rel/za)

Mungkin Anda juga menyukai