Bobby Nasution Sambut Baik Pemerintah Gwangju Ingin Berinvestasi di Medan

Medan (medanbicara.com) – Pemko Medan menyambut baik keinginan Pemerintah Gwangju, Republik Korea yang ingin berinvestasi di Kota Medan dengan membuka cabang Y-Mart di ibukota Provinsi Sumatera Utara. Diharapkan, Y-Mart nantinya dapat menjual produk dari UMKM sehingga dapat menunjang dan menggerakkan perekonomian sekaligus meningkatkan jumlah konsumsi terhadap produk UMKM.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan hal ini saat menerima kunjungan Pemerintah Gwangju di Balai Kota, Senin (6/7). Kedatangan Pemerintah Gwangju yang dipimpimpin Direktur Divisi Kerjasama Internasional Kota Gwangju Korea Jeong Chang Kyoon dalam rangka membahas program kerjasama di bidang  ekonomi Sister City sekaligus keinginan Y-Mart membuka cabang di Kota Medan.

“Terima kasih kepada Pemerintah Gwangju dan Y-Mart yang berniat berinvestasi di Kota Medan. Saya berharap kiranya kita dapat bertukar informasi mengenai perdagangan baik yang ada di Korea maupun di Kota Medan,” kata Bobby Nasution.

Dihadapan Katua Kadin Medan Arman Chandra, Ketua HIPMI Medan Palacheta Subies Subianto, sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan serta rombongan Pemerintah Gwangju dan Y-Mart, Bobby Nasution selanjutnya  menjelaskan, pengembangan retail di Kota Medan harus dilakukan lebih masif lagi.

“Namun perlu diingat bahwa Kota Medan masih memiliki pasar tradisional yang masih digemari masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli dan ini harus tetap dilestarikan. Meskipun demikian, pengembangan pasar retail ini juga perlu dilakukan,” ungkapnya sembari menyampaikan nantinya Pemko Medan akan menyampaikan syarat dan ketentuan apabila Y-Mart ingin berinvestasi di Kota Medan. 

Menantu Presiden Joko Widodo ini selanjutnya berharap, investasi yang dilakukan Pemerintah Gwangju dan Y-Mart nantinya difokuskan di pusat kota dan tidak mengganggu keberlangsungan 53 pasar tradisonal yang ada di Kota Medan. Nantinya, imbuhnya, Pemko Medan akan membantu dalam hal perizinan berinvestasi di bidang retail dengan tetap memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. 

“Saya berharap ketika Y-Mart berinvestasi di Kota Medan, produk-produk dari UMKM lokal nantinya bisa masuk ke Y-Mart sehingga dapat menunjang serta menggerakkan perekonomian dari warga lokal,” harapnya. 

Sementara itu, Jeong Chang Kyoon selaku Direktur Divisi Kerjasama Internasional Kota Gwangju Korea menyampaikan, kerjasama yang selama ini terjalin dengan baik antara Pemerintah Gwangju dengan Pemko Medan akan semakin erat dan terus berkembang, tidak hanya di bidang kebudayaan tetapi ekonomi.

“Kedatangan kami ke Kota Medan selain untuk bersilaturahmi juga dalam rangka meningkatkan kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan baik. Kali ini kami ingin berinvestasi di Kota Medan, kami berharap kerjasama yang terjalin nantinya antara Y-Mart dengan Kota Medan dapat berjalan dengan baik. Selain itu kami juga ingin mengimpor produk-produk lokal asal Kota Medan ke Gwangju,” jelas Jeong. (rel/za)

Mungkin Anda juga menyukai