Husni Umbar Janji Buat TPU Seperti Di Jakarta

Gedung DPRD Medan/net

MEDAN (medanbicaracom)-Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Medan akan segera mengembangkan Taman Pemakaman Umum (TPU) di Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan.

Ke depan, TPU dengan luas areal 4 hektare (ha) tersebut akan dikembangkan dengan dengan konsep Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan makam seperti konsep TPU Tanah Kusir di Jakarta.

Hal ini diungkapkan Kepala DKP Kota Medan, Muhammad Husni, menyikapi usulan anggota Komisi D DPRD Medan, Landen Marbun, yang meminta DKP Medan melakukan penataan terhadap keberadaan TPU di Kota Medan.

"Saat ini kita sudah menerima pembebasan 4 ha lahan untuk TPU di Kelurahan Terjun Marelan. Ke depan kita akan mengunakan kosep RTH dan makam," jelas M. Husni dalam rapat evaluasi APBD 2018 triwulan pertama bersama Komisi D DPRD Medan yang dilangsungkan di kantor DKP Medan, Senin (23/4).

"Jadi untuk pemakaman kita akan mencontoh seperti di Tanah Kusir, dimana disana tidak menggunakan nisan," ungkap Husni.

Tahun 2018, janji Husni, DKP juga akan melakukan perbaikan TPU di Kota Medan, salah satunya dengan memaksimalkan fasilitas penerangan di TPU.

"Untuk penerangan di TPU itu menjadi perhatian kita," jelasnya.

Sementara itu, untuk 18 ha TPU di Simalingkar B, DKP akan melakukan sejumlah terobosan sehingga masyarakat memiliki kemudahan.

"Selain konsep RTH dan makam, untuk di Simalingkar B kita akan melakukan terobosan dengan merencanakan pembangunan jalan tembus dari Jalan Eka Surya ke arah dekat perguruan Al Azhar," jelasnya.

Dengan akses ini, warga akan lebih mudah untuk mengakses ke TPU di Simalingkar B. "Jadi dengan dibukanya akses dari Jalan Eka Surya  akan memudahkan akses warga nantinya," ucapnya.

Tidak hanya itu, Husni juga berjanji akan memberikan layanan mobil ambulan yang nantinya akan mengantar jenazah ke lokasi TPU.

"Jadi nanti akan ada fasilitas mobil untuk mengantar ke lokasi TPU dan akan kita sediakan contac centernya," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, anggota DPRD Medan, Landen Marbun, mengatakan, warga di kawasan Medan Utara mengeluhkan kondisi TPU saat air laut sedang mengalami pasang.

"Saat air pasang, warga mengeluh karena kondisi tanah yang berair. Warga meminta pemko Medan lakukan penimbunan," jelasnya.

Landen mengatakan, Pemko Medan diharapkan melakukan perbaikan dan peningkatan TPU di Kota Medan. (eko fitri/ef)

 

Mungkin Anda juga menyukai